Share

Ibra Main, PSG Rebut Tampuk Klasemen

Arief Hadi Purwono, Okezone · Sabtu 22 November 2014 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 22 51 1069222 ibra-main-psg-rebut-tampuk-klasemen-6oqUDNI84g.jpg Zlatan Ibrahimovich mengantar PSG merebut pucuk klasemen dan menundukkan Metz (Foto: Reuters)
A A A

METZ Comeback gemilang berhasil dilakukan Paris Saint Germain (PSG) saat menekuk tim tuan rumah FC Metz di lanjutan laga ke-14 Ligue 1 dengan skor 3-2. Sempat unggul 2-0, Metz menyamakan kedudukan di babak kedua melalui dua sepakan penalti Modibo Maiga.

Lavezzi pun membawa PSG menang 3-2 sekaligus mengkudeta Olympique Marseille yang ada di pucuk klasemen sementara dan baru akan bermain melawan FC Girondins Bordeaux senin dini hari besok. PSG kini mengoleksi 30 poin dan terpaut dua poin dari Marseille.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

PSG bertandang ke Stade Saint-Symphorien, markas FC Metz. Kemenangan akan mengatrol posisi mereka ke pucuk klasemen sementara.

Demi mewujudkan hal tersebut, pelatih PSG Laurent Blanc langsung menurunkan Zlatan Ibrahimovic dari sepak mula. Edinson Cavani pun duduk di bangku cadangan, setelah pulang membela negaranya di laga uji coba.

Tak butuh waktu lama bagi PSG membuka keunggulan atas dominasi permainan yang mereka lakukan di 10 menit pertama. Pada menit kesembilan, Javier Pastore langsung membuka keunggulan tim tamu.

Mantan pemain Palermo itu merebut bola dari kaki Ahmed Kashi yang menerima bola dari Bouna Sarr. Pastore pun merangsek masuk ke dalam kotak penalti Metz, dan men-chip bola dengan indah melewati Johann Carrasso. 1-0 untuk PSG.

Dominasi juara Ligue One itu tak terbantahkan di interval pertama ini. Gol kedua pun muncul di menit 16, kali ini datang dari gol bunuh diri Gaetan Bussman.

Berawal dari tendangan bebas yang dilakukan Ezequiel Lavezzi di kiri pertahanan Metz, bola berusaha disapu Bussmann yang justru membelokkan bola ke gawangnya sendiri. Skor pun berubah menjadi 2-0.

Florent Malouda! Hampir saja pemain gaek Prancis itu memperkecil kedudukan di menit 26. Sayang, tendangan setengah voli-nya masih melebar dari gawang PSG yang dikawal Salvatore Sirigu.

PSG masih menguasai permainan, namun Metz yang ingin memperkecil kedudukan. Menekan para pemain PSG dari lini kedua, dan membuat para pemain PSG tak nyaman saat menguasai bola.

Gelandang muda PSG, Adrien Rabiot sejatinya membuat kedudukan unggul 3-0 untuk PSG. Namun ia dinilai wasit offside saat menerima operan Ibrahimovic, alhasil skor 2-0 pun menutup paruh pertama.

Babak Kedua

Respon cepat langsung ditunjukkan tim tuan rumah Metz saat babak kedua baru berjalan empat menit. Metz mampu memperkecil kedudukan menjadi 2-1 di menit 49, saat Modibo Maiga mengeksekusi tendangan penalti dengan baik melewati Sirigu.

Penalti sendiri terjadi sebelumnya, akibat pelanggaran Rabiot terhadap Sergey Krivets yang baru masuk menggantikan Malouda di menit 46. Pergantian jitu dilakukan oleh pelatih Metz, Albert Cartier.

Penalti! Lagi-lagi wasit Fredy Fautrel menghadiahi pelanggaran di kotak terlarang PSG dengan tendangan penalti untuk Metz di menit 52. Maiga yang kembali ditunjuk sebagai eksekutor pun, kembali menjalankan tugasnya dengan baik dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Kali ini penalti diberikan Fautrel atas handball yang dilakukan oleh Van der Wiel yang ingin menyapu bola hasil umpan silang tim lawan.

Momentum kini beralih ke Metz untuk menodai rekor tak terkalahkan PSG. Sementara tim tamu kini ganti kesulitan membangun serangan karena tekanan yang dilakukan oleh para pemain Metz.

Carasso! Setelah gawangnya dibobol dua kali, ia kini melakukan penyelamatan penting di menit 63. Umpan Pastore kepada kompatriotnya, Lavezzi dilanjutkan dengan sepakan bola rendah. Namun masih dapat ditepis.

Tak mau kalah, kini Sirigu yang melakukan penyelamatan gemilang di menit 69. Eks penjaga gawang Palermo ini menepis sepakan Maiga yang nyaris membukukan hattrick di laga ini.

Laurent Blanc memasukkan El Matador Cavani di menit 74 menggantikan Rabiot. PSG pun kini bermain dengan dua penyerang, dan mencoba untuk kembali unggul dari momentum yang dibangun Metz.

Gol! PSG akhirnya mampu kembali unggul di menit 84. Adalah Lavezzi yang mencetak gol ke gawang Metz yang kosong, setelah Carasso menepis bola hasil tendangan Ibrahimovic. Skor pun menjadi 3-2 dan bertahan hingga akhir laga, PSG memuncaki klasemen Ligue 1 untuk kali pertamanya musim ini!

Susunan Pemain:

FC Metz: Johann Carrasso, Jeremy Choplin, Guido Milan, Gaetan Bussmann (Jose Luis Palomino 79’), Romain Metanire, Florent Malouda (Sergey Krivets 46’), Guirane N’Daw, Kevin Lejeune, Ahmed Kashi, Bouna Sarr (Yeni N’Gbakoto 46’), Modibo Maiga

Paris Saint Germain: Salvatore Sirigu, Maxwell, Thiago Silva, Marquinhos, Gregory van der Wiel, Yohann Cabaye (Clement Chantome 21’), Thiago Motta (Blaise Matuidi 46’), Adrien Rabiot (Edison Cavani 74’), Javier Pastore, Ezequiel Lavezzi, Zlatan Ibrahimovich

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini