Share

Akuisisi, Pilihan Konsolidasi Bank BUMN

Raisa Adila , Okezone · Minggu 23 November 2014 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 23 457 1069613 akuisisi-pilihan-konsolidasi-bank-bumn-JK86AAiStd.jpg Akuisisi, Pilihan Konsolidasi Bank BUMN (Ilustrasi: Okezone)
A A A
JAKARTA – Pemerintah meminta kepada perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melakukan konsolidasi. Upaya tersebut dilakukan guna menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dan MEA perbankan 2020.
 

Dari ketiga pilihan konsolidasi, akuisisi dinilai sebagai pilihan yang paling memungkinkan dalam rencana konsolidasi bank BUMN. Sebagai informasi, dua bank yang diminta untuk melakukan konsolidasi adalah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

"Yang mungkin terbaik adalah akuisisi, tetapi entitas perbankannya tidak hilang," ucap Pengamat BUMN, Said Didu kepada Okezone, Minggu (23/11/2014).

Said menambahkan sepertinya perundang-undangan perbankan memungkinkan untuk melakukan konsolidasi berupa akuisisi. Hal ini penting agar kedua entitas tersebut tetap ada, sehingga tidak hanya menyisakan satu bank dari konsolidasi tersebut.

"Jadi tetap ada bank induk dan anak perusahaannya, supaya tidak hilang salah satunya," tambah Said.

Menurut Said, sudah saatnya Indonesia memiliki bank besar yang bisa membiayai proyek-proyek di Indonesia. Sebab, saat ini pihak bank di Indonesia sudah sangat susah dalam menyalurkan kredit.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini