Share

Perubahan Bentuk Payudara Terjadi Tiap 10 Tahun

Dewi Kurniasari, Jurnalis · Minggu 23 November 2014 21:50 WIB
$detail['images_title']
Perubahan bentuk payudara terjadi tiap 10 tahun (Foto: Shutterstock)

SEIRING bertambahnya usia, kekencangan tubuh seorang wanita akan semakin berkurang. Setiap satu dekade, payudara akan mengalami perubahan bentuk. Apa saja itu?

Sama halnya Miss V, payudara wanita pun akan mengalami beragam perubahan karena kondisi perubahan hormon. Apalagi bagi Anda yang tidak rajin melakukan olahraga atau pun tidak menjaga pola makan sehat.

Seperti dilansir Womenshealthmag, profesor bedah dari Johns Hopkins Magazine, Lisa Jacobs, MD, mengungkapkan urutan perubahan payudara sejak usia 20 tahun.

Pertama, saat kaum hawa berusia 15-20 akan mengalami fase pembentukan payudara sempurna sesuai dengan porsi tubuhnya.

Di usia tersebut setiap wanita pasti menjumpai perubahan fibrokistik yang ditandai dnegan benjolan jinak di salah satu payudara. Perubahan ini masih terbilang wajar karena adanya perubahan hormon estrogen.

Kedua, bila memasuki usia 30 tahun, wanita makin mengalami perubahan bentuk payudara karena beberapa faktor. Antara lain saat hamil terjadi pembesaran payudara seiring dengan penambahan berat badan untuk persiapan menyusui. Setelahnya, terjadi peregangan yang terjadi, sehingga payudara tak lagi kencang.

Ketiga, di usia 40 tahun wanita akan mengalami perubahan payudara secara drastis. Pada titik ini, payudara Anda akan mengalami involusi, di mana jaringan payudara Anda digantikan oleh lemak. Di sinilah penyakit kanker payudara rentan menyerang wanita jika terdapat keanehan di area dada.

Bukan hanya itu, elastisitas payudara pun tidak lagi berfungsi sehingga isi kepadatan payudara semakin berkurang. Maka itu, di usia 40 tahun, kaum hawa wajib melakukan deteksi dini mamografi untuk mencegah sel kanker menggerogoti kedua payudara Anda. (yac)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)