Share

Masker Alami Usir Ketombe

Risma Damayanti, Okezone · Senin 24 November 2014 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 24 194 1069777 masker-alami-usir-ketombe-ubgPBWMbWr.jpg Madu dan minyak kelapa (Foto: Iran-daily dan Daybreakmill)
A A A

KEBANYAKAN orang menganggap ketombe seperti mimpi buruk. Ketombe ini dapat merusak rambut dan kulit kepala Anda, bahkan menyebabkan kerontokan rambut. Untungnya, ketombe dapat dikontrol dan diobati secara alami.

Anda dapat membuat masker alami khusus untuk mengusir ketombe. Berikut beberapa masker rambut yang mudah dan alami untuk ketombe. Seperti dilansir dari Boldsky.

Masker minyak kelapa dan minyak zaitun

Minyak kelapa ampuh untuk mengusir ketombe dan melembapkan kulit kepala yang kering. Campur minyak kelapa dan minyak zaitun, oleskan dengan lembut dari akar sampai ke ujung rambut. Diamkan selama satu jam, tutupi rambut dengan shower cap (jika ada). Bilas dengan sampo dan kondisioner.

Masker madu, yogurt, dan lemon

Padukan beberapa tetes madu ke dalam jus lemon. Jus lemon yang bersifat asam ini mampu mengusir ketombe. Campurkan setengah cangkir yogurt dengan satu sendok makan jus lemon dan madu dalam satu mangkok. Usapkan dari akar sampai ujung rambut. Bilas dengan sampo untuk menghilangkan bau yogurt pada rambut.

Masker telur

Telur yang kaya akan protein ternyata dapat mengendalikan ketombe. Untuk membuat masker rambut dengan telur, ambil putih telurnya saja, dan campurkan dengan sedikit minyak zaitun. Oleskan ke seluruh bagian rambut dari akar sampai ujung rambut. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan sampo dan air dingin.

Masker kembang sepatu

Kembang sepatu yang berwarna merah sangat baik untuk mengusir ketombe. Bunga ini juga dapat menambah volume pada rambut Anda. Untuk membuat masker kembang sepatu ini, bunga direbus bersamaan dengan daunnya terlebih dahulu. Diamkan sampai dingin. Setelah air kembang sepatu sudah dingin, tambahkan sedikit minyak kelapa. Siram ke seluruh bagian rambut dan diamkan selama 45 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Masker oatmeal

Masker ini cocok untuk kulit kepala yang berminyak, berketombe, bahkan iritasi. Campur oatmeal dengan susu segar dan minyak almond. Oleskan pada rambut dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan pada 2 kali seminggu. (yac)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini