Share

HM Prasetyo Balas Kritik Samad dengan Pujian

Bayu Septianto , Okezone · Senin 24 November 2014 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 24 337 1070131 hm-prasetyo-balas-kritik-samad-dengan-pujian-kNwzD7ihxx.jpg HM Prasetyo Balas Kritik Samad dengan Pujian (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Jaksa Agung HM Prasetyo, menanggapi santai kritikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad, yang menilai penunjukkan dirinya sebagai Jaksa Agung tidak tepat karena berbau politis. 

Prasetyo justru memuji Samad sebagai orang yang cocok menjadi Ketua KPK, ketimbang harus menanggapi kritikannya yang terkesan sinis. Pasalnya dia telah mengenal sosok Samad di Sulawesi Selatan, ketika masih menjadi pengacara.

"Saya menilai cocok Abraham sebagai ketua KPK, karena tahu latar belakang Abraham, kita pernah hidup se-kota. Saya menjabat Kajati Sulawesi Selatan, dia (Abraham Samad) menjadi pengacara," kata Prasetyo di Kejagung, Jakarta, Senin (24/11/2014).

Mantan Politisi Partai NasDem ini justru menghormati lembaga pemberantasan korupsi itu, dan berharap KPK harus tetap ada, dan tidak boleh dihapus. Kejagung, dalam hal ini akan mendukung dan bekerjasama dengan KPK dalam pemberantasan korupsi.

"Saya hormati lembaganya (KPK), Abraham Samad-nya bisa datang dan pergi, tapi KPK tetap harus ada," ujarnya.

Mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) ini mengatakan, Kejaksaan harus menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat dalam memberantas korupsi dan juga menyelesaikan kasus-kasus yang sampai saat ini mandek.

"KPK akan kita dukung, Kejaksaan akan kita dukung, kita sinergis. Kejaksaan harus eksis dan semakin besar, semakin dihargai karena prestasinya," pungkasnya.

Sebelumnya, Samad menilai penunjukan HM Prasetyo tidak tepat karena merupakan politisi Partai NasDem. Dia menilai Kejagung merupakan institusi penegakan hukum yang memerlukan sosok yang independen dan berintegritas.

"Sangat tidak tepat, karena orang yang berlatar belakang politisi, biasanya mempunyai konflik kepentingan," ucap Samad saat pelantikan Prasetyo sebagai Jaksa Agung oleh Presiden Joko Widodo, pada Kamis 20 November lalu.(rif)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini