Share

Menteri Marwan Serap Aspirasi 2.000 Kades

Nurul Arifin , Okezone · Senin 24 November 2014 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 24 340 1069894 menteri-marwan-serap-aspirasi-2-000-kades-kO41ZFfDXg.jpg Menteri Marwan Serap Aspirasi 2.000 Kades
A A A

SURABAYA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan desa saat ini menjadi komunitas mandiri di hadapan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten.

Karena itu, ia meminta kepala desa untuk sungguh-sungguh membangun politik pembangunan yang partisipatif di desa masing-masing. Karena kedudukan desa di hadapan sebagai komunitas mandiri.

"Dalam konstruk UU Desa, kemandirian desa itu hibriditas antara self governing community (komunitas yang berpemerintahan) dan local self government (pemerintahan lokal)," kata Menteri Marwan saat menyampaikan pidato di hadapan 2.000 kepala desa, peserta Diklat Angkatan ke-9 di Pusdiklat Brimob, Watukosek, Pandaan, Jawa Timur, Senin (24/11/2014).

Ia memaparkan bahwa tingkat pertumbuhan penduduk perkotaan sebesar 2,18% pertahun lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan penduduk rata-rata nasional sebesar 1% pertahun. Sedangkan pertumbuhan penduduk di perdesaan menurun sebesar 0,64% pertahun.

"Karena itu saya mengingatkan kepala desa untuk sungguh-sungguh menggenjot pembangunan desa berdasarkan kebutuhan riil masyarakat setempat," ujarnya.

Ia juga menyampaikan pentingnya membangun komunikasi intensif antara kementerian desa dengan para kades. "Ketika ada permasalahan di desa setiap saat bisa disampaikan ke kemendes," ujarnya.

Ia juga mengatakan meminta masukan kepala desa terkait revisi Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah No 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN.

"Saya meminta masukan dari para kades untuk perbaikan PP yang akan datang," ujar Marwan saat menyampaikan pidato di hadapan 2.000 kepala desa, peserta Diklat Angkatan ke-9 di

Di akhir sambutannya, Mendes juga meminta pemerintah provinsi Jatim untuk memetakan desa mana yang pada tahun depan bisa dijadikan pilot project desa terbaik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini