Share

''Bali Bertahan Bukan Pantainya, tapi karena Ini''

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 24 November 2014 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 24 406 1069905 bali-bertahan-bukan-pantainya-tapi-karena-ini-xj8Fi305Z1.jpg Budaya menjadi daya tarik lain di Bali (Foto: Wikimedia)

KUALITAS dan pengelolaan yang baik obyek pariwisata membuat para wisatawan dalam dan luar negeri senang mengunjungi obyek wisata tertentu. Namun, ada hal lain yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata. Apa saja itu?

Budaya, kuliner, dan oleh-oleh khas daerah adalah tiga hal lain yang dapat menarik minat wisatawan. Budaya adalah salah satu yang membuat Bali bertahan hingga saat ini. Hal ini dikatakan oleh Arif Firmansyah, penulis buku “50 Wisata Domestik Indonesia”, yang telah menjelajahi tempat wisata di seluruh pelosok negeri selama 10 tahun.

“Bali bertahan karena budayanya. Dulu tahun 1920 Bali bukan apa-apa, masih hutan belantara. Yang membuat Bali menarik karena ada seniman yang menulis tentang Bali, bukan pantainya, tapi budayanya,” ujar Arif di Gramedia Matraman, Jakarta Timur, belum lama ini.

Selanjutnya, asal mula pulau Bali dikenal masyarakat dunia karena ada seniman yang membuat sketsa perempuan bali sedang membawa sesajen di atas kepalanya, untuk upacara adat.

“Buku itulah yang menjadi cikal bakal Kuta sekarang. Yang membuat bertahan adalah budaya, kita akan menemukan budaya Bali di sana,” jelas Arif.

Saat ini, kebanyakan orang mengetahui bahwa Bali karena keindahan pantainya. Namun, menurut Arif justru bukan pantai yang membuat Bali bertahan. Karena banyak pantai di Indonesia yang menurutnya lebih bagus dari pantai di Bali.

“Kalau bicara pantai, menurut saya banyak yang lebih bagus dari pantai di Bali, seperti Sangalaki,” tutup Arif.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini