Share

Fakta Menarik Rokok Elektrik yang Tak Diduga

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 24 November 2014 12:49 WIB
$detail['images_title']
Fakta tentang rokok elektrik (Foto: Huffingtonpost)

EKSISTENSI rokok elektrik di sejumlah negara masih menuai kontroversi. Di balik itu ada fakta menarik tentang keberadaan rokok elektrik yang wajib Anda tahu. Apa saja itu? Pertama, bagi para pemuda yang awalnya tidak kenal rokok jadi ingin coba-coba. Buktinya, 20 persen siswa Sekolah Dasar (SD) dan 7,2 persen siswa SMA di Amerika Serikat dilaporkan menggunakan rokok elektrik tersebut.

Kedua, awal tahun 2010, studi menemukan bahwa rokok elektrik memiliki jumlah nikoton rendah dibandingkan rokok konvensional. Ada pula studi teranyar yang mengungkap bahwa, kandungan nikotin yang ada di dalam kedua jenis rokok itu jumlahnya hampir sama.

Ketiga, para peneliti mengungkap rokok elektrik lebih ramah lingkungan sehingga tak membahayakan orang-orang sekitarnya. Namun, bagi sang perokok itu sendiri lebih besar menerima dampak serangan penyakit jantung dan pernapasan.

Keempat, semenjak rokok elektrik beredar di pasaran para pecandu rokok konvensional beralih menggunakan rokok elektrik. Padahal sesuai uji klinis keduanya sama-sama berbahaya bagi kesehatan manusia.

Kelima, para perusahaan rokok yang biasa memproduksi rokok konvensional di luar negeri,sebagian tak mau rugi karena pasaran penjualannya menurun. Maka akhir-akhir ini mereka mulai beralih memproduksi rokok elektrik dalam jumlah besar-besaran. 

Keenam, kebijakan pelegalan rokok elektrik di beberapa negara sudah diatur, bahkan rokok elektrik tidak dilegalkan. Begitu juga iklan-iklan di pasaran sangat dibatasi. Karenanya, keberadaan rokok elektrik tersebut masih menuai pro dan kontra. Demikian dilansir Huffingtonpost, Senin, (24/11/2014)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)