Share

Ternyata Karbohidrat Lebih Berbahaya daripada Lemak Jenuh

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 24 November 2014 20:15 WIB
$detail['images_title']
Karbohidrat lebih berbahaya bagi kesehatan (Foto:dfitpt)

LEMAK jenuh selama ini selalu dihubungkan dengan berbagai masalah kesehatan, seperti masalah jantung. Penelitian baru justru mengungkapkan bahwa, peningkatan asupan lemak jenuh tidak menaikkan levelnya dalam darah seseorang.

Sementara itu, karbohidrat, seperti pada nasi, ditemukan dapat meningkatkan asam lemak yang dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung. Hal ini karena karbohidrat adalah zat yang selama ini menyumbangkan lemak di tubuh.

Untuk melakukan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE, para ilmuwan membuat 16 peserta melakukan diet ketat selama empat setengah bulan. Setiap tiga minggu diet mereka berubah untuk menyesuaikan lemak karbohidrat dan kadar lemak jenuh.

Seperti dilansir dari Channelnewsasia, Senin (24/11/2014), para ilmuwan dari Ohio State University menemukan bahwa, ketika karbohidrat berkurang dan lemak jenuh meningkat, total lemak jenuh dalam darah tidak meningkat, dan bahkan turun pada sebagian besar orang.

Asam lemak yang disebut asam palmitoleic, yang dihubungkan dengan metabolisme karbohidrat tidak sehat yang dapat menimbulkan penyakit, turun saat peserta melakukan diet rendah karbohidrat. Sebaliknya, ini meningkat bertahap saat asupan karbohidrat ditambah.

Peningkatan asam lemak ini menunjukkan bahwa proporsi pertumbuhan karbohidrat sedang diubah menjadi lema, bukannya dibakar oleh tubuh. "Ketika Anda mengonsumsi makanan yang sangat rendah karbohidrat, tubuh Anda justru dapat membakar lemak jenuh," kata penulis utama Jeff Volek.

Temuan yang cukup menentang kepercayaan lama ini menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan pada kadar glukosa darah, insulin, rata-rata tekanan darah peserta. Demikian juga dengan penurunan berat badan rata-rata 10 kilogram pada setiap peserta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)