Share

Polisi Ingin Pelarangan Motor Sampai Jalan Sudirman

Santo Evren Sirait, Okezone · Kamis 27 November 2014 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 27 15 1071375 polisi-ingin-pelarangan-motor-sampai-jalan-sudirman-iNN6tZ08R2.jpg Polisi Ingin Pelarangan Motor Sampai Jalan Sudirman (foto : Okezone)

JAKARTA - Mulai 17 Desember 2014 pengguna motor harus menghindari jalan antara Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Jalan Medan Merdeka Barat. Hal tersebut terkait oleh kebijakan baru dari Pemprov DKI yang mengeluarkan aturan bahwa sepeda motor dilarang melintasi jalan tersebut.

Menanggapi kebijakan Pemprov DKI, Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia (Korlantas Polri) mendukung dan berharap pelarangan sepeda motor bisa diperluas hingga ke jalan Sudirman.

"Itu kan daerah protokol, jadi dengan daerah pembatasan protokol itu kita berharap ada satu kawasan yang menjadi contoh, dengan menjadi contoh itu bisa dikembangkan ke beberapa kawasan yang lain, misalnya contoh kesemrawutannya berkurang, kecelakaannya berkurang ketidaktertibannya berkurang. Jadi kita harapkan malah justru nanti peraturan itu di tarik (diperluas) sampai Jalan Sudirman." ujar Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono di Jakarta.

Lebih lanjut Condro menambahkan, pembatasan salah satu jenis sarana transportasi itu dimungkinkan, kalau dulu ada pembatasan becak, terus ada pembatasan bemo sekarang ada pembatasan motor, itu dimungkinkan karena memang satu untuk mengurangi kemacetan dan kedua mengurangi semrawut.

Uji coba pelarangan sepeda motor dilakukan mulai 17 Desember 2014 sampai 17 Februari 2015. Setelah 17 Februari 2015, aturan tersebut mulai diberlakukan. Bagi pengendara sepeda motor yang ingin menuju jalur bundaran HI hingga Jalan Medan Merdeka Barat, Pemprov DKI telah menyiapkan bus serta lahan parkir motor dibeberapa gedung perkantoran.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini