Share

Alihkan Hujan Jakarta, BNPB Tunggu Surat Gubernur

Syamsul Anwar Khoemaeni , Okezone · Kamis 27 November 2014 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 27 338 1071545 alihkan-hujan-jakarta-bnpb-tunggu-surat-gubernur-qP1r6KdPGu.jpg ilustrasi (foto :Okezone)
A A A

JAKARTA - Menghadapi potensi banjir di Ibu Kota, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan rencana rekayasa cuaca.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, pihaknya akan menawarkan rekayasa cuaca tersebut kepada Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Sutopo menjelaskan rekayasa cuaca adalah pencegahan pertumbuhan awan yang menyebabkan hujan atau pengalihan awan hujan ke laut dan kawasan yang bebas banjir.

"Mekanismenya, Gubernur harus mengeluarkan surat darurat bencana di wilayahnya," jelasnya saat peluncuran buku berjudul Infografis Bencana dan Antisipasi Banjir Jakarta dan Daerah Lainnya, di Jakarta Selatan, Kamis (27/11/2014).

Rekayasa tersebut bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) dan TNI. Untuk rencana tersebut, BNPB telah menyiapkan anggaran sebesar Rp8 miliar yang akan digunakan sebagai dana pengoperasian pesawat Hercules C 130, CN 295 dan CN 212.

"Semuanya ada di pangkalan Lanud Halim Perdanakusuma. Tinggal Pak Gubernur, mau apa tidak" jelasnya.(sna)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini