Share

Sinar Matahari Pagi Bantu Turunkan Berat Badan

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 27 November 2014 15:00 WIB
$detail['images_title']
Sinar matahari bantu turunkan berat badan (Foto:Boldsky)

ADA banyak alasan mengapa matahari baik untuk kesehatan Anda. Tidak hanya karena fungsinya memicu tubuh menghasilkan vitamin D, mendapatkan sinar matahari yang baik dan cukup dapat mendukung kesehatan fisik dan mental Anda.

Matahari pagi adalah yang terbaik, sementara sinar matahari di siang dan sore dapat berbahaya karena, adanya radiasi sinar ultraviolet. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari sinar matahari, sebagaimana dilansir Boldsky.

Bantu manajemen berat badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sinar matahari dan indeks masa tubuh Anda. Ketika Anda berusaha mendapatkan sinar matahari di pagi hari, Anda akan terpacu untuk bangun lebih pagi dan melakukan aktivitas fisik yang sehat.

Tulang yang sehat

Salah satu manfaat kesehatan dari sinar matahari adalah membantu produksi vitamin D. Vitamin ini membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang digunakan untuk tulang sehat. Vitamin D, bagaimanapun, sangat mudah diproduksi dengan bantuan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit.

Perlindungan dari penyakit lain

Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin D yang rendah dalam tubuh menempatkan risiko penyakit yang lebih besar, seperti penyakit jantung dan kanker. Seperti disebutkan sebelumnya, vitamin D alami dari matahari memiliki nilai yang lebih baik daripada suplemen vitamin D tambahan.

Cegah gangguan dan penyakit autoimun

Salah satu manfaat kesehatan utama dari sinar matahari adalah perlindungan dari terjadinya penyakit autoimun, yaitu kondisi di mana imunitas tubuh menyerang bagian tubuh yang sehat. Sinar UV dari matahari akan membantu menghindari hiperaktivitas sistem kekebalan tubuh, yang merupakan cara terbaik untuk mencegah timbulnya penyakit autoimun seperti psoriasis atau artritis reumatoid.

Membantu tidur nyenyak

Walaupun Anda hanya bisa menikmati sinar matahari di siang hari, manfaatnya dapat bekerja bahkan di malam hari. Melatonin, hormon yang membantu Anda tidur di malam hari, akan dibantu produksinya oleh paparan sinar matahari yang Anda dapatkan di siang hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)