Share
Advertisement

Kotoran Manusia Bisa Jadi Bahan Bakar Roket

Wahyu Noor Hasan , Jurnalis-Kamis 27 November 2014 12:05 WIB
Foto Pratap Pullammanappallil, seorang profesor UF teknik pertanian dan biologi (Foto: Sciencedaily)
Foto Pratap Pullammanappallil, seorang profesor UF teknik pertanian dan biologi (Foto: Sciencedaily)
A
A
A

CALIFORNIA – Selain Inggris yang bisa memanfaatkan kotoran manusia menjadi bahan bakar bus, Amerika Serikat mengklaim mampu merubah limbah tersebut menjadi bahan bakar untuk roket dalam tugasnya untuk meneliti luar angkasa.

Pratap Pullammanappallil, profesor teknik pertanian dan biologi, University of Florida, mengungkapkan bahwa sampah dan kotoran manusia bisa dikonversi menjadi bahan bakar yang bisa digunakan di mana saja, seperti dilansir dari Sciencedaily, Kamis (27/11/2014).

Menurutnya, proses pengolahan limbah ini bisa memberikan dampak positif yang besar untuk manusia dan lingkungan. Bahkan, konversi limbah kotoran manusia bisa menjadi bahan bakar cadangan sebuah roket untuk kembali ke bumi.

Pratap juga menuturkan, NASA bisa melakukan konversi limbah ini untuk mengurangi berat pesawat luar angkasa dalam menjelajah luar angkasa. Kotoran manusia selama perjalanan di dalam pesawat, bisa dimanfaatkan lagi dengan proses konversi yang dilakukan dalam sebuah kargo daripada harus membawa limbah kotoran itu kembali ke Bumi.

Saat ini, Pratap Pullammanapali dan mahasiswa Universitas Florida telah melakukan percobaan dan berhasil menemukan proses pengumpulan 290 liter metana dari satu orang awak dalam sehari yang diproses selama seminggu dan diperkirakan bisa menjadi bahan bakar untuk membawa pesawat kembali ke Bumi dengan keadaan baik.

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement