Share

Sarwo Handayani Dinilai Cocok Dampingi Ahok

Bayu Septianto , Okezone · Jum'at 28 November 2014 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 28 338 1071748 sarwo-handayani-dinilai-cocok-dampingi-ahok-4XPDDR78Kw.jpg Sarwo Handayani Dinilai Cocok Dampingi Ahok (Ahok saat blusukan ke pasar tradisional)
A A A

JAKARTA - Setelah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta, kini Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mencari siapa wakil gubernur yang pas untuk mendampinginya.

Ahok pun telah mengajukan tiga nama untuk menjadi wakilnya yaitu Bambang DH, Sarwo Handayani, dan Djarot Saiful Hidayat.

Pengamat Tata Ruang dan Perkotaan Universitas Indonesia (UI) Aca Sugandhy menilai, Sarwo Handayani merupakan figur yang cocok untuk mendampingi mantan Bupati Belitung Timur ini.

Handayani saat ini menjabat Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta.

"Ahok kan maunya Wagub-nya yang berkompeten dan profesional, menurut saya sih Sarwo Handayani yang paling pas. Bagus dia, kan pernah jadi Deputi dan sekarang jadi Ketua TGUPP Jakarta," jelas Aca ketika berbincang dengan Okezone, Jumat (28/11/2014).

Aca mengatakan, Handayani merupakan pilihan yang pas karena sesuai dengan kemauan Ahok yang ingin wakilnya bukan berasal dari partai, melainkan dari kalangan profesional.

"Maunya Ahok kan wagubnya bukan dari partai tapi yang dari profesional atau independen, menurut saya itu sudah mantap komposisinya," ujar Aca.

Sarwo Handayani, menurut Aca berpengalaman dalam mengurus pembangunan kota Jakarta. Mantan Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI ini paham mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan tata ruang dan wilayah Jakarta, terutama masalah dalam penanganan pencegahan banjir Jakarta.

"Menurut saya itu sudah mantap sama Ahok membangun Jakarta mengatasi banjir, kalau mau bangun berdasarkan tata ruang wilayahnya yang benar, nah Handayani bisa menurut saya, dia bidangnya tuh," katanya.

Sebelumnya, Ahok menilai ketiga orang yang diajukannya itu berpengalaman dalam pemerintahan.

"Kalau kamu enggak pernah jadi pejabat, kamu bisa ngomong apa saja hebat. Kalau kamu sudah jadi pejabat ketahuan, korupsi atau enggak, KKN atau enggak. Kalau kelihatan atau tidak kelihatan kamu pilih yang mana? Pilih yang belum pernah berkuasa, kamu musti tebak-tebakan loh, tapi kalau sudah pernah berkuasa beda," terang Ahok.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini