Share

Papua Kaya akan Bowerbirds

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 28 November 2014 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 28 406 1071902 papua-kaya-akan-bowerbirds-5JSPYjeDII.jpg Bowerbirds di Papua (Foto:oceanwideimages)

PAPUA tidak hanya memiliki kekayaan alam melimpah, tetapi keunikan satwa liarnya. Salah satunya burung bowerbird yang merawat dan menata sarangnya sangat bersih serta cantik.

Hal tersebut diungkapkan salah satu peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Gono Semiadi berdasarkan hasil Ekpedisi Ekspedisi Lengguru dari 17 Oktober hingga 20 November 2014. Menurutnya, Bowerbird sebenarnya merupakan burung asli Indonesia dan Papua.

"Jadi, ada burung yang bisa merapihkan sarangnya burung itu sebenarnya asli Indonesia dan Papua, Bowerbird namanya, dan tipe jantan yang memiliki perilaku ini," ujarnya pada konferensi pers Ekspedisi Lengguru 2014: "Menyingkap Keanekaragaman Hayati Papua Barat" di Media Center LIPI, Jakarta Selatan, Jumat (28/11/2014).

Menurut Gono, hal yang menarik dari bowerbird adalah perilakunya dengan tujuan berkembang biak dan bereproduksi. Bowerbird menata sarangnya sedemikian rupa dengan ranting-ranting, dedaunan dan buah-buahan, sehingga menjadi berwarna-warni.

"Bowerbird arsitek pembangunan sarang dengan ornamen-ornamen yang indah untuk menarik betina," tuturnya.

"Jadi, kalau dulu Papua memiliki cendrawasih yang sangat indah, tetapi sekarang ada burung Bowerbirds yang sangat bersih dalam merawat sarangnya," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini