Share

Dari Mana Mekanik Motor Honda Berasal?

Septian Pamungkas, Okezone · Sabtu 29 November 2014 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 29 15 1072300 dari-mana-mekanik-motor-honda-berasal-0XnLOOBwqS.jpg Dari Mana Mekanik Motor Honda Berasal? (foto : AHM)

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) menyiapkan generasi muda di industri automotif yang diimplementasikan melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Program yang telah memasuki tahun kelima ini sudah tersebar luas dari Aceh sampai Papua dengan jumlah hampir 300 SMK. Tahun depan AHM berencana menambah jumlahnya menjadi 500 SMK.

"Kami tidak hanya fokus pada kuantitas tapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi KTSM Honda dengan mengoptimalkan pelatihan teknik guru dan siswa dan meningkatkan status SMK KTSM Honda menjadi SMK Tempat Uji Kompetensi keterampilan teknik sepeda motor," jelas Deputi Head of Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin, dalam keterangannya.

Untuk diketahui, silabus KTSM Honda dikembangkan dengan memadukan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) berdasarkan instruksi Dinas Pendidikan dengan materi pelatihan teknik Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Maka tidak heran jika jebolah SMK KTSM Honda diutamakan dalam perekrutan mekanik AHASS.

"AHASS akan mengutamakan lulusan SMK KTSM Honda sebagai mekaniknya," terang Senior Manager Planning Department PT AHM, Handy Hariko.

Sebanyak 75 persen lulusan SMK KTSM Honda langsung terjun ke dunia kerja. Dari angka tersebut banyak yang bekerja di bengkel resmi AHASS dan juga menjadi tenaga kerja di pabrik AHM ataupun suplier AHM.

"20 persennya memilih wirausaha seperti membuat bengkel mitra AHASS dan lima persennya memilih meneruskan ke bangku kuliah," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini