Share

Alasan Ashanty Simpan Tali Pusat Anak di Malaysia

Renny Sundayani, Jurnalis · Rabu 17 Desember 2014 20:30 WIB
$detail['images_title']
Alasan Ashanty simpan tali pusat anak di Malaysia (Foto: Okezone)

KABAR bahagia datang dari pasangan artis Anang dan Ashanty Hermansyah yang telah dikaruniai putri cantik bernama Arsy Addara Musicia Nurhermansyah di RS Pondok Indah, Jakarta, dua hari lalu.

Untuk melindungi bayinya dari berbagai kemungkinan gangguan atau kelainan kesehatan, Anang dan Ashanty memutuskan untuk menyimpan tali pusat putrinya di bank penyimpanan tali pusat di Malaysia.

Kabarnya, Anang dan Ashanty ini memilih paket premium untuk penyimpanan tali pusat ini.

Menurut dr. Gita Pratama, SpOg, penyimpanan tali pusat ini sendiri memang bisa dimanfaatkan jika suatu saat si anak mengalami kelainan atau penyakit.

"Fungsi penyimpanan darah tali pusat adalah keperluan pengobatan atau terapi sel punca bila dibutuhkan di kemudian hari," ungkap dr Gita saat dihubungi Okezone, Rabu (17/12/2014).

Menurutnya, tali pusat bisa dipakai individu yang diambil darah tali pusatnya atau saudara kandungnya.

Ia menjelaskan, saat ini yang dikenal sebagai bank penyimpanan stem cell atau sel punca di Indonesia adalah penyimpanan darah tali pusat yang diambil dari bayi baru lahir.

"Darah tali pusat mengandung sel punca, yang berasal dari sel punca hematopoetik dan sel punca mesenkimal. Untuk mendapatkan sel punca tersebut harus melalui proses isolasi di labotarium," pungkasnya. (yac)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)