Share

Motor Listrik Zero, Senyap dan Kencang

Septian Pamungkas, Okezone · Kamis 18 Desember 2014 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 18 15 1080982 motor-listrik-zero-senyap-dan-kencang-eg2bkOIf1z.jpg F: Motor Listrik Zero, Senyap dan Kencang (Septian P / Okezone)

JAKARTA - Okezone mendapat kesempatan untuk riding menggunakan sepeda motor sport listrik lansiran Zero Motorcycles. Brand sepeda motor listrik asal Amerika Serikat ini dibawah naungan oleh PT Garansindo Technologies sebagai agen tunggal pemegang mereknya.

Saya tidak riding sendirian, tujuh jurnalis lainnya turut serta dalam test ride resmi pertama Zero Motorcycles oleh media massa nasional.

Sebelum melakukan perjalanan, Managing Director PT Garansindo Technologies Dhani M Yahya yang juga ikut serta dalam city touring ini memberikan sedikit arahan. Adapun arahan yang diberikan seputar pengoperasian motor listrik Zero.

"Motor ini berbeda dengan motor pada umumnya. Tidak ada tombol start untuk menghidupkan mesin. Putar kunci kontak ke arah "On" dan ada indikator lampu warna hijau di panel instrumen maka motor listrik sudah siap pakai," katanya.

Karena tenaga motor listrik ini cukup besar dan tidak bersuara maka saat berhenti pastikan selalu mengaktifkan tombol "Off" pada Engine Cut-Off Switch yang berada di kanan setang. "Biasanya kan orang suka iseng putar selongsong gas, kalau pas lagi posisi "On" tentu akan bahaya karena motor bisa loncat nanti," ujar Dhani.

Setelah bersiap, Okezone siap menggeber Zero SR yang merupakan varian termahal dari jajaran produk yang ada. Motor bergaya streetfighter ini dibanderol Rp290 juta Off the Road Jakarta.

Saat pertama duduk di atasnya, suspensi terasa sangat keras. Ternyata suspensi depan sengaja disetel keras agar motor tidak liar dan stabil saat dipacu dengan kecepatan tinggi. Maklum saja, kemampuan motor listrik ini setara dengan Ducati Panigale 1198 yang sanggup melesat 0-100 km/jam dalam 3,3 detik.

Meski suspensi terasa keras, motor tetap mudah dikendalikan. Setang lebar khas motor perkotaan membuat handling dan bermanuver ditengah kemacetan Ibu Kota terasa nyaman.

Motor ini memiliki tiga mode berkendara, diantaranya Eco, Sport dan Custom. Eco untuk berkendara efisien, Sport lebih ke performa dan Custom kemampuan motor dapat diatur melalui aplikasi lewat smartphone.

Saat mulai berkendara, terasa aneh memang. Tenaganya cukup responsif seperti layaknya moge namun senyap. Karena tidak ada knalpotnya, maka tidak ada suara dan emisi yang keluar seperti motor pada umumnya.

"Ini motor lucu, gak ada suaranya tapi kenceng," sahut salah seorang rekan media.

Meski modelnya gagah bak tunggangan lelaki tulen, motor ini tidak menggunakan kopling dan tuas persneling. Alhasil seperti layaknya mengendari skutik saja. Tinggal gas, rem!

Saya pun mencoba untuk aktifkan mode Sport dan hasilnya sangat mengejutkan. Tenaga yang keluar tidak "selembut" saat menggunakan mode Eco.

Sedikit saja selongsong gas dipuntir, Zero SR langsung melesat. Karena kondisi jalan cukup padat, saya hanya berani memacu hingga kecepatan 120 kpj. Angka itupun didapat dalam waktu cukup singkat.

Karena tidak menggunakan kopling, maka Anda tidak dapat melakukan engine brake untuk mengurangi laju kendaraan. Meski demikian Anda tidak perlu khawati, pasalnya sistem pengereman motor listrik ini sangat mumpuni.

Terlebih lagi model 2015 yang nantinya akan dipasarkan di Indonesia akan menggunakan sistem ABS (Anti-lock Braking System). Tentu pengereman akan semakin yahud lagi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini