Share

Madu Terbukti Ampuh Sembuhkan Sariawan

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 18 Desember 2014 18:57 WIB
$detail['images_title']
Madu terbukti ampuh sembuhkan sariawan (Foto: Tamutimes)

MADU dapat menyembuhkan sariawan. Bukti ini diungkap oleh peneliti asal Arab Saudi.

Para peneliti dari Universitas Salman bin Abdul Aziz mengumpulkan sekelompok penderita sariawan yang dibagi ke dalam tiga kelompok. Ada yang diobati dengan madu, krim kortikosteroid oral, dan pasta pelindung luka sariawan.

Dalam waktu empat hari, semua sariawan yang diobati dengan madu bisa hilang. Berbeda dengan dua jenis obat lainnya yang hanya mampu mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Hasil ini pun diperkuat oleh para ahli lain yang telah meneliti kandungan di dalam madu.

“Madu mempunyai kandungan antibakteri yang kuat. Dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, kulit melepuh hingga sariawan,” ungkap Peter Molan, Unit Peneliti Madu dari University of Waikato, Selandia Baru.

Beberapa madu yang berpotensi untuk menyembuhkan sariawan, yakni jenis madu manuka atau varietas thyme. Namun, kata Molan, semua itu tergantung dari kualitas madu.

Cara penggunaannya, yakni oleskan madu secukupnya dengan kapas kering tepat di area mulut yang sariawan. Demikian dilansir dari Prevention, Kamis (18/12/2014). (yac)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)