Share

Pria Korban Ebola Dilarang Berhubungan Seks Tiga Bulan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 19 Desember 2014 02:00 WIB
$detail['images_title']
Pria korban Ebola dilarang berhubungan seks tiga bulan (Foto: Inaki Gomez/AFP)

PRIA korban Ebola dilarang bercinta selama tiga bulan meski pun menggunakan kondom. Pasalnya, sperma yang dihasilkan tubuhnya tetap terkontaminasi virus tersebut sehingga dapat menularkan kepada pasangannya.

Seperti dikutip Huffingtonpost, Jumat (19/12/2014), seseorang pasien pria yang berhasil pulih dari serangan virus ini disarankan tidak berhubungan seks selama 91 hari. Hal ini dibenarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Para peneliti dari Medellin, Kolombia, menerbitkan ringkasan singkat dari semua penelitian tentang kesehatan reproduksi pria korban Ebola dalam jurnal Reproductive Sciences.

Secara total, hanya ada empat penelitian pada 1977-2007 dengan data yang sama. Dari hasil tersebut diketahui bahwa mantan pasien Ebola yang memaksa untuk berhubungan seksual tetap dapat menularkan virus bahaya.

“Meski pun tidak ada penelitian lebih lanjut, untuk saat ini, para ahli menyarankan agar mantan pasien Ebola tidak behubungan seksual setidaknya dalam waktu tuga bulan,” ujar peneliti

Seperti diketahui, hingga saat ini wabah Ebola masih menghantui dunia. Upaya pemusnahan virus ini masih terus dilakukan oleh WHO dan pemerintah masing-masing negara di dunia demi menyelamatkan nyawa banyak manusia. (yac)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)