Share
Advertisement

Microsoft Perangi Tukang Tipu Pemeras Pengguna

Ahmad Luthfi , Jurnalis-Jum'at 19 Desember 2014 16:07 WIB
Microsoft Perangi Tukang Tipu Pemeras Pengguna (Foto: Bargainteers)
Microsoft Perangi Tukang Tipu Pemeras Pengguna (Foto: Bargainteers)
A
A
A

CALIFORNIA - Microsoft meluncurkan gugatan pertama di AS terhadap perusahaan yang menawarkan dukungan (support) gadungan via telefon untuk produk mereka. Perusahaan berencana membasmi para penipu yang mengaku dari teknisi Microsoft, yang mengontak pengguna melalui telefon.

Dilansir Theregister, Jumat (19/12/2014), Microsoft mengungkapkan, pihaknya berencana untuk memberantas penipu ini yang berada di Inggris dan India. Rupanya, panggilan dukungan teknisi palsu ini telah ada selama beberapa tahun terakhir.

Dikabarkan bahwa seorang penelefon mengaku dari pihak support teknisi Microsoft, mengatakan bahwa virus berbahaya mengancam PC pengguna. Mereka kemudian menawarkan jasa untuk memperbaikinya dengan biaya tertentu.

Konon, biaya yang harus dikeluarkan untuk service tersebut mencapai ratusan dollar. Namun ternyata, PC milik korban tidak mengalami perubahan apapun atau justru dipasangkan dengan malware baru.

Masalah ini kemudian meluas dan Microsoft telah menerima sekira 65 ribu panggilan keluhan tentang penipuan itu sejak Mei 2014. Penipuan tersebut telah membawa lebih dari USD1,5 miliar dalam pendapatan ilegal setiap tahunnya.

Microsoft menginginkan agar pengadilan menutup operasi tersebut dan perusahaan asal Redmond itu menerima kompensasi atas penggunaan nama ilegal dan pelanggaran kekayaan intelektual.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement