Share
Advertisement

Ini Kiat Sukses Bangun Startup E-commerce

Advent Jose , Jurnalis-Jum'at 19 Desember 2014 18:04 WIB
Kiat Sukses Bangun {Startup E-commerce} (foto: ilustrasi)
Kiat Sukses Bangun {Startup E-commerce} (foto: ilustrasi)
A
A
A

JAKARTA - Tren belanja online kini sedang digandrungi oleh masyarakat tidak terkecuali di Indonesia. Karena itu berbisnis e-commerce menjadi hal sangat menggiurkan sekarang ini untuk digeluti. Lantas apa saja langkah yang dapat dilakukan untuk membangun sebuah e-commerce menjadi berkembang dan sukses.

Yasunobo Hashimoto director Rakuten Belanja Online mengatakan, untuk membangun sebuah e-commerce yang sukses diperlukan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah memastikan kepuasan pelanggan atau konsumen.

"Kita harus berpandangan dari perspektif konsumen dengan memposisikan diri layaknya seorang konsumen. Dengan begitu kita akan memahami hal apa saja yang dibutuhkan konsumen," ucap pria yang biasa disapa Yas kepada Okezone saat diwawancarai di kantor Rakuten, di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Rakuten sendiri memiliki motto atau tagline yang dinamakan Omotenashi. Dalam bahasa Indonesia, menurut Yas, Omotenashi diartikan sebagai "keramahtamahan". Artinya sebagai seorang pebisnis, harus selalu memberikan layanan dan service yang optimal kepada pelanggan.

Selain itu, seseorang yang hendak membangun sebuah e-commerce yang sukses juga harus mengetahui bagaimana cara me-manage website, me-maintain, dan membuat pengingkatan trafik yang bagus terhadap web itu sendiri.

Sependapat dengan Yas, Director of Rakuten Asia, Masaya, menyatakan pasar e-commerce akan sangat berkembang di tahun-tahun mendatang. Potensi uang yang dapat digali sangat besar.

Sehingga untuk membuat sebuah e-commerce sukses, merchant atau pedagang harus mampu membaca tren yang sedang terjadi. Hal itu dapat dilakukan dengan teknologi seperti data analytic. "Berbekal tren pasar dan perilaku konsumen, bisnis dapat membuat penawaran yang unik dan mengembangkan strategi efektif," demikian Masaya.

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement