Share

Daftar Kelakuan Menghebohkan Wisatawan Tionghoa

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 20 Desember 2014 00:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 19 406 1081500 daftar-kelakuan-menghebohkan-wisatawan-tionghoa-Ez6vbtHM6j.jpg Daftar kelakuan menghebohkan wisatawan Tionghoa (Foto: Mark Ralston/AFP)

BEBERAPA perilaku wisatawan Tionghoa di pesawat tengah menjadi perbincangan dunia. Bagaimana tidak, bulan ini beberapa insiden keributan di pesawat melibatkan wisatawan asal Negeri Tirai Bambu.

Berikut ini beberapa kejadian menghebohkan yang dilakukan para wisatawan asal Tiongkok:

Pertama, pria penumpang penerbangan XiamenAir dari Hangzhou ke Chengdu, Tiongkok, menimbulkan kepanikan penumpang lain setelah membuka pintu darurat sebelum pesawat lepas landas. Alasannya, pria tersebut hanya ingin menghirup udara segar.

Pria yang membuka pintu darurat pesawat XiamenAir (Foto: Dailymail)

Kedua, sehari sebelumnya, seorang pria Tinghoa juga melakukan tindakan yang serupa, membuka pintu darurat sesaat pesawat mendarat di Bandara Sanya Fenghaung di Hainan, Tiongkok. Wisatawan Tionghoa itu beralasan ingin turun lebih cepat dari pesawat China Eastern MU2331, dengan meloncat.

Bahkan, dalam insiden tersebut pramugari hampir gagal mencegah wisatawan itu keluar dari pintu darurat. Tindakannya ini menyebabkan penundaan beberapa jam.

Insiden yang ketiga, ketika wanita wisatawan Tionghoa melempar mi instan dan air panas ke pramugari AirAsia Thailand. Penyebabnya, wanita tersebut tidak bisa duduk bersama rekannya.

Bahkan, dalam insiden yang terjadi pada penerbangan dari Bangkok menuju Nanjing, Tiongkok tersebut, rekan dari wanita wisatawan Tionghoa tersebut sempat geram dan mengancam akan meledakkan pesawat.

Pada akhirnya, pihak kepolisian mengamankan dua wisatawan Tionghoa tersebut setelah pesawat terpaksa kembali ke Bangkok. Setelah diinterogasi oleh pihak kemanan bandara di Bangkok, akhirnya terjadi kesepatan damai.

Insiden pramugari AirAsia Thailand disiram (Foto: Dailymail)

Insiden keempat melibatkan tiga orang wisatawan Tionghoa yang berkelahi di pesawat Air China dalam penerbangan dari Chongqing, Tiongkok ke Hong Kong. Insiden bermula ketika dua wisatawan Tionghoa meminta seorang ibu mendiamkan bayinya yang sedang menangis.

Tidak terima, ketiga wisatawan Tionghoa tersebut saling berteriak dan akhirnya terjadi perkelahian. Kepala ibu yang membawa bayi tersebut terbentur bagasi kabin setelah dipukul oleh dua wisatawan Tionghoa itu.

Perkelahian ketiga wisatawan ini segera mereda setelah awak kabin datang dan memisahkan mereka. Untungnya, penerbangan ini mendarat di Hong Kong sesuai dengan jadwal, tetapi polisi setempat mewanwancarai beberapa penumpang atas insiden tersebut.

Insiden perkelahian karena bayi menangis (Foto: Dailymail)

Beberapa insiden yang melibatkan wisatawan Tionghoa ini tentu mencoreng nama negara mereka di mata internasional. Bahkan, pemerintah Tiongkok telah mengeluarkan pedoman keras mengenai tata berperilaku di luar negeri. (yac)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini