Share

BI Intensif Intervensi untuk Jaga Rupiah

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Jum'at 19 Desember 2014 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 19 457 1081650 bi-intensif-intervensi-untuk-jaga-rupiah-VsRQJjTWRZ.jpg BI Intensif Intervensi untuk Jaga Rupiah (Ilustrasi: Okezone)
A A A

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengatakan pergerakan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) belakangan ini tidak sesuai dengan fundamental ekonomi domestik. Untuk itu BI merasa perlu mengintensifkan intervensi untuk menjaga stabilitas fluktuasi nilai tukar rupiah.

"Secara fundamental, sebenarnya tidak ada alasan rupiah kita tertekan begitu besar," kata Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Juda Agung saat ditemui di Gedung BI, Jakarta, Jumat, (19/12/2014).

Dia mengatakan bahwa depresiasi nilai tukar rupiah tersebut lebih disebabkan oleh penguatan dolar AS terhadap seluruh mata uang.

"Secara fundamental, ekonomi kita baik. Inflasi memang tinggi di Desember ini, akan tetapi akan kembali membaik pada 2015," tambahnya.

Menurutnya intervensi yang dilakukan BI tidak mengarahkan rupiah untuk menuju level tertentu, namun lebih kepada menjaga nilai tukar agar sejalan dengan fundamental yang ada.

"Tidak ada mengarahkan ke level berapa. Kami mensmoothing out supaya tidak gonjang-ganjing rupiahnya dan BI selalu ada di pasar," tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini