Share

Lima Fakta dan Mitos tentang Payudara Kendur

Risma Damayanti, Jurnalis · Jum'at 19 Desember 2014 16:51 WIB
$detail['images_title']
Mitos dan fakta soal payudara kendur (Foto: Sheknows)

BANYAK fakta dan mitos tentang payudara kendur. Beberapa diantaranya, mitos payudara kendur saat memasuki usia diatas. Lantas manakah mitos atau fakta tentang payudara kendur.

Payudara menurun saat usia bertambah

Hal ini benar, karena saat memasuki umur diatas 30 tahun, akan terjadi peregangan ligament dimana ligament ini membantu payudara Anda tetap naik dan indah. “Seperti semua jaringan dalam tubuh Anda, mereka terdiri dari kolagen dan elastin, mereka akan pecah ketika memasuki usia dewasa,” kata Dr Dan Mills selaku wakil presiden America Society bidang bedah plastik.

Mengenakan bra saat tidur cegah kekenduran

Salah. Mengapa dikatakan salah? Bra memang dapat mempertahankan bentuk payudara Anda, namun memakai bra saat tidur tidak dapat mencegah kendurnya payudara. Faktanya, peneliti di Perancis menemukan bahwa, menggunakan sport bra saat berolahraga justru membuat payudara mudah kendur, karena saat berolahraga payudara naik turun dan terlalu banyak guncangan.

Pushup dapat kencangkan payudara

Salah. Semua gerakan push up tidak dapat mengurangi resiko kendur payudara. Hal ini dikarenakan payudara terdiri dari lemak bukan otot sehingga, secara teknis lemak tidak dapat kencang saat olahraga.

Menyusui dapat kendurkan payudara

Ini adalah mitos belaka. Sebuah studi dilakukan pada tahun 2008 dan menyimpulkan bahwa menyusui bukan merupakan faktor risiko payudara kendur. Faktanya adalah kehamilan yang membuat payudara menjadi kendur, karena berat badan yang bertambah saat mengandung membuat ligament merenggang.

Merokok & berjemur di bawah matahari kendurkan payudara

Merokok dan berjemur di bawah matahari benar dapat mengendurkan payudara Anda. Menurut penelitian pada tahun 2008, kebiasaan gaya hidup yang buruk dapat memecah kolagen seperti terbakar sinar UV kulit atau konsumsi makanan yang kaya akan lemak. Demikian di lansir dari Foxnews.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)