Share

Alya Rohali Rutin Pap Smear Satu Tahun Sekali

Renny Sundayani, Jurnalis · Jum'at 19 Desember 2014 20:04 WIB
$detail['images_title']
Alya Rohali rutin pap smear (Foto: Renny/Okezone)

SELAIN kanker payudara, kanker leher rahim, atau yang biasa disebut kanker serviks, juga menjadi pembunuh wanita dengan jumlah tinggi di Indonesia.

Memang benar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetapi jika sudah terjangkit suatu penyakit, maka lebih baik mengetahuinya saat penyakit tersebut masih berada pada stadium awal.

Seperti artis cantik Alya Rohali yang rutin deteksi dini dengan menjalani pemeriksaan pap smear.

"Saya rutin pap smear satu tahun sekali. Agar saya ingat, saya tandai pas tanggal ulang tahun saja. Jadi pas saya ingat ulang tahun, saya wajib pap smear," katanya kepada Okezone usai konferensi pers film "Dibalik 98", di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Namun setelah melahirkan anak kedua, Puteri Indonesia 1996 ini pernah lupa untuk periksa pap smear.

"Setelah melahirkan anak kedua, saya lupa, malah terlewat selama dua tahun. Biasanya saya sudah punya langganan dokter genekolog di RS Gandaria," bebernya.

Menurutnya, rutin pap smear, adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit kanker serviks, di mana virus HPV membunuh setiap dua menit terhadap kaum hawa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)