Share

Kurikulum 2013 Ibarat Smartphone Canggih

Prabowo, Okezone · Jum'at 19 Desember 2014 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 19 65 1081645 kurikulum-2013-ibarat-smartphone-canggih-P8S0MEQYzG.jpg Kurikulum 2013 Ibarat {Smartphone} Canggih (Foto: dok. Okezone)

YOGYAKARTA - Kepala Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia, Prof Siswandari, menilai Kurikulum 2013 merupakan instrumen hidup. Kurikulum ini bisa memberikan peradapan menjadi lebih baik sesuai perubahan yang bersifat linier.

"Kurikulum sebelumnya (2006) tidak memasukkan sikap untuk dinilai, Kurikulum 2013 ini yang dinilai dari ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap," kata Siswandari, usai MoU kesepakatan antara Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY dengan LPPKS Indonesia, di Aula Gedung Muhammadiyah DIY (Kantor PWM DIY), Yogyakarta, Jawa Tengah, Jumat (19/12/2014).

"Sikap itu merupakan mengejewantakan dari mereka (pelajar) saat dibangun karakternya supaya lebih baik," imbuhnya.

Sehingga, kata dia, konsep dalam Kurikulum 2013 ini seharusnya diteruskan karena perubahan mengarah pada perbaikan, bukan sebaliknya. "Bagi saya, konsep yang baik ini harus diteruskan," jelasnya.

Dia mengakui masih ada kendala teknis dalam implementasi di lapangan, seperti belum mampu para guru mengajar dengan Kurikulum 2013.

"Kalau misal guru-gurunya yang belum bisa mengajar (Kurikulum 2013), maka guru yang harus belajar," tegasnya.

Dia menganalogikan, Kurikulum 2013 ibarat smartphone yang canggih. Dengan menggunakan peralatan itu, mestinya sang pengguna yang harus belajar mengoperasikan, bukan peralatan canggih yang disingkirkan.

"Saya analogikan yang mudah saja. Saat saya memiliki handphone canggih, tapi saya enggak bisa mengoperasikan, maka saya yang harus belajar mengoperasikan. Begitu juga dengan guru yang belum bisa menerapkan Kurikulum 2013 harus belajar," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Bagi sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 selama tiga semester untuk dilanjutkan, sementara sekolah yang belum akan dievaluasi pada semester berikutnya. (fsl)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini