Share

Lebih Intim dengan Mobil Listrik SMK Muhammadiyah

Santo Evren Sirait, Okezone · Minggu 21 Desember 2014 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 20 15 1081953 lebih-intim-dengan-mobil-listrik-smk-muhammadiyah-zNgibDV2TL.jpg F : Lebih Intim dengan Mobil Listrik SMK Muhammadiyah (Santo Evren/Okezone)

JAKARTA - Mobil listrik bertenaga surya, Suryawangsa 2 Arjuna karya SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur, resmi di rilis Jumat (19/12/2014). Mobil yang diklaim tanpa emisi ini bisa menjadi solusi atas krisis energi dan bisa menciptakan lingkungan yang bersih.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai mobil listrik SMK Muhammadiyah, berikut spesifikasi mobil yang dirancang dengan biaya Rp107 juta tersebut:

Photovoltaic (cell surya)

Berfungsi sebagai penyerap cahaya matahari, lalu dirubah menjadi energi listrik yang selanjutnya digunakan untuk mengisi Baterai. Perangkat yang terletak di bagian atap mobil ini berjumlah 4 unit dengan tegangan 48 volt, arus peak power 4 ampere, dan daya (peak power) 168 Wa.

Baterai

Berfungsi sebagai sumber arus listrik yang menggerakkan motor dan menyimpan energi yang diserap dari Photovoltaic. Jenis baterai yang digunakan adalah seal Lead Acid (basah) berjumlah 8 buah, dan diletakkan pada bagian tengah dan belakang mobil. Tegangan yang dihasilkan baterai tersebut mencapai 48 volt dengan kapasitas 225 Ah.

Controller

Mempunyai fungsi sebagai pengatur putaran motor penggerak sesuai dengan tekanan pedal gas. Berjumlah satu unit, letaknya tepat dibawah lingkar kemudi.

Motor

Perangkat satu ini berfungsi sebagai sumber daya putar untuk menggerakkan roda, baik mundur maupun maju. Jenis motor yang digunakan, yaitu DC series dengan tegangan 48 volt. Menurut data, motor ini mempunyai daya 4 KW berkecepatan 5000 rpm.

Mobil yang memiliki dimensi panjang 3.500 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 2.200 mm dan berat kosong 850 kg mampu bergerak dengan kecepatan maksimal 70 km/jam.

Selain perangkat utama tadi, mobil yang mampu menampung penumpang sebanyak 5 orang ini telah dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang menggunakan independent double wishbone.

Lalu ada juga perangkat penunjang lainnya seperti ban, lampu utama dan belakang, pendingin kabin, dashboard yang sudah mengalami modifikasi, akrilik, keseluruhan body menggunakan bahan pelat galvanis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini