Share

Asal-Usul Nama Mobil Listrik Suryawangsa 2 Arjuna

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 22 Desember 2014 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 20 15 1081955 asal-usul-nama-mobil-listrik-suryawangsa-2-arjuna-ze9mvIvQrJ.jpg F : Asal-Usul Nama Mobil Listrik Suryawangsa 2 Arjuna (Santo Evren/Okezone)

JAKARTA - Tertantang untuk memberikan solusi kelangkaan energi dan kerusakan lingkungan akibat gas buang kendaraan, maka SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur mengembangkan Mobil listrik tenaga surya yang diberi nama Suryawangsa 2 Arjuna 4.0.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui apa makna dari nama mobil tersebut. Nama Suryawangsa 2 itu sendiri berasal dari penggabungan dua kata Surya yang memiliki arti Matahari dan Wangsa yang berarti Dinasti.

Jadi makna dari Suryawangsa adalah keluarga Matahari (Muhammadiyah). Nama ini sengaja diambil karena mewakili lambang dari Muhammadiyah yakni Matahari. Sedangkan angka dua di depan Suryawangsa memberikan petunjuk bahwa ini merupakan proyek mobil listrik kedua, setelah sebelumnya, SMK Muhammadiyah 7 telah meluncurkan mobil listrik dua penumpang pada 2012.

Arjuna 4.0 diambil dari nama gunung tertinggi di Jawa timur, sedangkan angka 4.0 mengartikan daya motor yang digunakan mobil asal Malang ini, yaitu 4 ribu watt.

"Suryawangsa itu keluarga Muhammadiyah, karena simbolnya Matahari. Sedangkan Arjuna ini nama Gunung, jadi kalau mobil listrik pertama itu namanya gunung Sumeru, itu gunung tertinggi ya setinggi harapan kita, tertinggi kedua itu Arjuna. Ya ini nama gunung aja sebenarnya artinya ya kita punya cita-cita setinggi gunung." ujar Achmad Muhtadi, Kepala proyek pembuatan mobil listrik SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.

Pengerjaan Suryawangsa 2 Arjuna 4.0 membutuhkan waktu hingga 6 bulan. Melibatkan guru dan siswa serta berkolaborasi dengan Laboratorium Power System Operation and Control Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, serta guru besar rekayasa energi listrik ITS Surabaya, Prof. Dr. Eng. Imam Robandi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini