Share

Mensos: Toleransi Harus Digaungkan!

Awaludin , Okezone · Sabtu 20 Desember 2014 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 20 337 1081963 mensos-toleransi-harus-digaungkan-53XTywWds0.jpg Mensos: Toleransi harus digaungkan! (Foto: Awaludin/Okezone)
A A A

JAMBI - Arus globalisasi telah mengubah pola hidup masyarakat di Indonesia, sehingga memengaruhi intensitas dan frekuensi komunikasi dalam keluarga.

Tidak heran jika nilai-nilai kearifan lokal terusik dan terancam dengan budaya dari luar. "Perubahan harus disikapi secara bijak. Sikap peduli, serta toleransi Harus digaungkan dan dipraktikkan di tengah pudarnya nilai dan budaya masyarakat," ujar Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa di acara puncak peringatan Hari Kesetiawanan Sosial (HKSN) di Kota Jambi, Sabtu (20/12/2014).

Padahal kata dia, barometer sebuah negara dianggap digdaya, dapat diukur dari tiga hal, yaitu kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan rakyatnya.

Sementara kata dia, kesejahteraan masyarakat di Indonesia masih jauh dari standar. "Saat ini, pengentasan kemiskinan di Indonesia adalah Pekerjaan Rumah (PR) yang perlu diselesaikan," lanjutnya.

Sebab itu, dalam rangka mengentaskan kemiskinan, pemerintah akan terus menggalakkan Program Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Pada tahun 2015, program itu akan menyasar 96,4 juta jiwa, dan untuk KIS menyasar 16,8 juta rumah tangga.

"Target KIP 19 juta jiwa usia sekolah, Program Keluarga Harapan (PKH) 4 juta keluarga sangat miskin. Pengutan melalui kertu tersebut harus dimaknai tidak sebatas bantalan sosial saja, melainkan mengukuhkan generasi bangsa," tuturnya.

Melalui program tersebut, lanjut Khofifah, anak usia terdidik bisa sekolah, terjaga fisiknya karena dikontrol kesehatannya, dan mandiri karena ditopang usaha ekonomis produktif.

"Semangat kesetiakawanan sosial agar dijadikan benteng untuk ketahanan sosial warga," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini