Share

Lukman Sardi Hindari Larangan Tanpa Alasan untuk Anak

Wilda Fitria, Okezone · Minggu 21 Desember 2014 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 21 196 1082180 lukman-sardi-hindari-larangan-tanpa-alasan-untuk-anak-s3xNhQTRJ1.jpg Lukman Sardi hindari larangan tanpa alasan untuk anak (Foto: Lukmansardi)
A A A

DALAM mendidik anak, orangtua memiliki caranya masing-masing. Dalam aktivitas sehari-sehari, orangtua kerap memberi perintah larangan. Lukman Sardi, mengaku dirinya lebih senang memberi penjelasan daripada berkata "tidak".

“Saya paling jarang ngomong 'jangan',” ungkapnya pada Okezone di Hanamasa Mahakam, Jakarta. Dia melanjutkan, “Saya bukan orangtua yang selalu bilang 'enggak boleh ini itu'. Saya lebih suka mengobrolkan sama mereka."

Menurutnya, memberikan pengertian sebab akibat sangat penting. “Misalnya larangan lari saat berada di tangga, saya kasih penjelasan akibatnya nanti kenapa, saya juga jelaskan contohnya,” imbuhnya.

Bagi Lukman, melarang anak dalam beraktivitas dapat memberi efek yang negatif.

“Kalau saya apa-apa bilang 'jangan', nanti malah mereka takut berbuat apa-apa. Efeknya saat dewasa, dia enggak berani mengambil risiko, enggak berani maju,” tegasnya lagi.

Selain dasar pendidikan agama, menurut pria 43 tahun ini, mengajarkan untuk mandiri dan berani juga menjadi hal utama sebagai seorang ayah.

“Takut itu hal yang wajar, cuma kasih pengertian dan contohnya. Jadi dia mengerti sebab akibatnya sejak dini. Ngobrol lebih baik dibanding hanya melarang tanpa alasan,” tutupnya. (yac)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini