Share

Warga Sekitar Gunung Gamalama Pilih Tetap Bertahan

Rival Fahmi , Okezone · Minggu 21 Desember 2014 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 21 340 1082163 warga-sekitar-gunung-gamalama-pilih-tetap-bertahan-LQN4pBlmM7.jpg Warga Sekitar Gunung Gamalama Pilih Tetap Bertahan (Aktivitas Gunung Gamalama)
A A A

TERNATE - Gunung api Gamalama di Ternate, Maluku Utara, terus menunjukkan aktivitasnya. Hari ini, Gamalama mengeluarkan asap putih yang membumbung setinggi 500 meter.

Berdasarkan data Pos Pemantau Gunung Gamalama, asap putih tersebut tertiup angin ke arah timur dan menutupi sejumlah wilayah padat penduduk, Minggu (21/12/2014).

Angin juga membawa debu vulkanik hingga menuju utara Kota Ternate dan mengarah ke Kelurahan Tobololo dan Kulaba, kecamatan Pulau Ternate. Gempa tremor dan gempa embusan terus terjadi dengan amplitudo 0.5 sampai 6 mm.

Meski terus diguyur debu vulkanik, namun warga kota Ternate yang berada di kaki Gunung Gamalama belum juga mengungsi.

“Situasi saat ini belum membahayakan untuk mengungsi,” tutur Ikbal Wahab, salah satu warga Takome, kecamatan Pulau Ternate, yang diwawancarai Okezone, Minggu (21/12/2014) sore.

Pemkot Ternate sendiri telah mengeluarkan imbauan agar warga yang masuk dalam wilayah rawan bencana terus waspada. Pemerintah telah menyiapkan 15 titik evakuasi, di saat situasi dirasakan membahayakan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini