Share

Obat Baru Diabetes Keluarkan Gula Darah Lewat Urin

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 21 Desember 2014 21:15 WIB
$detail['images_title']
Obat baru diabetes keluarkan gula darah lewat urin (Foto: Shutterstock)

KENCING manis adalah istilah lain dari penyakit metabolis, diabetes mellitus atau gula darah. Satu kelas baru dari pengobatan diabetes, dapat membantu menyembuhkan pasien dengan efek “kencing manis”.

“Beberapa tahun belakangan ini telah dikembangkan suatu obat baru untuk diabetes, yang bekerja dengan menghambat penyerapan darah oleh protein tertentu di ginjal. Sehingga gula berlebih dalam darah dapat dikeluarkan melalui urin,” tutur dr. Dante S. Herbuwono, SpPD-KEMD, PhD., di Jakarta, belum lama ini.

Obat bernama Dapagliflozin, yang telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan akan mulai dipasarkan di awal 2015, dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan sangat efektif dan dapat menurunkan 50 persen penggunaan insulin.

Sejak hampir 80 tahun lalu, insulin tambahan menjadi satu-satunya suplemen yang digunakan untuk membantu pasien diabetes. Kini telah banyak metode pengobatan yang dikembangkan untuk mengatasi kasus diabetes di samping atau selain dengan menggunakan insulin. (yac)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)