Share

Hal yang Perlu Diketahui tentang Penularan Flu

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 21 Desember 2014 19:20 WIB
$detail['images_title']
Hal yang perlu diketahui tentang penularan flu (Foto: Nautilusplus)

DENGAN iklim tropis, flu di Indonesia bisa terjadi kapan saja. Akibat terlalu biasanya penyakit ini, sering kali menyebabkan kita tidak paham atau bahkan tidak memedulikan hal-hal kecil yang dapat dicegah untuk menghindari penularan infeksi virus ini.

Dalam setahun, seseorang bisa menderita penyakit ini. Untuk menghindarinya, ada beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui dan lakukan dengan benar.

Cara sederhana menghindari flu

Memang tidak ada metode untuk benar-benar melindungi diri dari infeksi virus. Tetapi, ada beberapa cara agar Anda dapat meminimalkan risiko tersebut, seperti dilansir dari Theconversation, Minggu (21/12/2014).

Banyak orang tertular flu, bukan karena menghirup zat yang dikeluarkan saat orang sakit bersin. Kebanyakan transfer virus terjadi setelah kita menyentuh suatu permukaan yang telah terpapar bersin atau cairan tubuh lain yang terinfeksi.

Hal ini disebut transmisi fomite. Kita dapat meminimalkan kemungkinan mentransfer virus ke dalam tubuh dengan hanya mengingat untuk tidak menempatkan jari-jari Anda di mulut, hidung, atau mata saat Anda berada di luar rumah.

Vaksinasi flu saran terbaik

Vaksinasi flu bisa dilakukan oleh semua orang dan merupakan saran terbaik, terutama untuk sejumlah kelompok orang yang sangat rentan terhadap flu. Mereka seperti lansia, wanita hamil, dan anak-anak atau dewasa dengan kondisi sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Flu adalah penyakit hewan unggas

Flu pada dasarnya merupakan penyakit unggas. Ini karena sebagian besar partikel virus flu di dunia ada dalam bebek, ayam, atau burung. Virus dari mereka dapat menyebar sampai ke hewan lain dan manusia. Kondisi ini membuat peneliti sangat kesulitan untuk menangkap flu dari hewan unggas tersebut. (yac)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)