Share

Cara Buang Ingus yang Tak Membahayakan

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 22 Desember 2014 19:35 WIB
$detail['images_title']
Cara buang ingus yang tak membahayakan (Foto: Sveikata)
MEMBUANG ingus mungkin terdengar sepele dan tidak perlu diajarkan lagi. Namun, dalam kondisi tertentu, ini bisa terasa sulit dan cukup membahayakan bila terlalu dipaksakan.
 

Para ahli mengatakan bahwa, ketika membuang ingus terlalu keras dapat membahayakan telinga dan sinus. Walaupun tidak dirasakan langsung, dampaknya dapat fatal bila akumulasi lendir yang terdorong ke daerah terlarang telah menyebabkan infeksi.

Untuk membersihkan hidung tersumbat dengan risiko minimal, sebelum menyemprotkan ingus sebaiknya kita menyemprotkan air larutan garam ke dalam rongga hidung. Lakukan ini terutama ketika Anda membuang ingus di pagi hari, setelah rongga hidung mengering sepanjang malam.

Seperti dikutip dari Thehealthsite, Senin (22/12/2014), Anda juga bisa menghirup atau menenggak uap panas untuk membersihkan hidung tersumbat. Trik lainnya, tutup satu lubang hidung dengan ibu jari dan dengan pelan tiup lubang hidung satunya.

Bila meniup hidung tidak membantu, Anda bisa menggunakan obat berbahan dekongestan nasal over-the-counter atau obat tetes hidung. Tapi jangan terlalu sering menggunakan dekongestan, karena bila berlebihan ini dapat menyebabkan hidung kering dan rentan terhadap infeksi pernapasan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)