Share

Penenggelaman Kapal Kunci Kesuksesan Menteri Susi

Gunawan Wibisono , Okezone · Selasa 23 Desember 2014 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 23 337 1082741 penenggelaman-kapal-kunci-kesuksesan-menteri-susi-zsRG6CRmuq.jpg Penenggelaman Kapal Kunci Kesuksesan Menteri Susi (Susi Pudjiastuti)
A A A

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terus saja menjadi buah bibir, baik setelah populer diangkat menjadi anggota Kabinet Kerja maupun hingga kini dalam bekerja. Bahkan, sanjungan juga datang dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK).

Melihat hal tersebut, pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta, Emrus Sihombing, mengatakan, Susi berhasil merebut hati Jokowi-JK dengan berbagai terobosan, salah satunya menenggelamkan kapal pencuri ikan di Indonesia.

Masyarakat pun selalu menanti sepak terjang dari menteri lulusan sekolah menengah pertama (SMP) tersebut.

"Saya melihat promosi tentang penenggelaman kapal membuat Jokowi-JK senang," ujar Emrus kepada Okezone, di Jakarta, Selasa (23/12/2014).

Emrus juga tak menyangka bahwa kepopuleran Menteri Susi melejit bak selebriti hanya dalam waktu singkat. Padahal, Susi satu-satunya menteri yang jenjang pendidikannya tidak tinggi dari 33 menteri di kabinet Jokowi-JK.

Ia mengatakan, Susi telah berhasil membuat Indonesia disegani dalam urusan kekayaan laut. Terlebih, Susi juga berhasil membuat Indonesia bangga atas kinerja dari kementerian yang ditangani.

"Kebijakan dan tindakan Ibu Susi adalah hal yang tegas, sehingga publik memberi penilaian tersebut. Itulah yang membuat Ibu Susi mendadak menjadi populer," jelasnya.

Dengan penenggelaman kapal negara lain itu, lanjut Emrus, disinyalir akan menimbulkan efek kepada TKI yang bekerja di luar negeri. "Takutnya warga negara kita malah dimusuhi di luar negeri," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini