Share

30% Penjualan Motor Honda Disumbang oleh Astra Motor

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 26 Januari 2015 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 26 15 1097344 30-penjualan-motor-honda-disumbang-oleh-astra-motor-hE2QU9s6Em.jpg Astra Motor sumbang 30 persen penjualan Honda selama 2014 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mencatat, sepanjang 2014 penjualan sepeda motor Honda mencapai 5.051.100 unit. Dari jumlah tersebut sebanyak 30 persennya disumbang oleh main dealer Astra Motor.

"Kalau secara penjualan nasional, tahun lalu honda mencapai 5 juta unit lebih. Astra Motor kontribusinya sekira 30 persen dari penjualan (Honda) nasional," beber Sigit Kumala, Chief Executive Astra Motor. 

Jumlah penjualan motor Honda itu dirangkum dari cabang-cabang Astra Motor yang tersebar di 13 provinsi. Cabang-cabang tersebut berada di Sumatera Selatan, Bengkulu, Jakarta, Jawa Tengah, DIY, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Ambon, dan Papua. Selain cabang-cabang tersebut, Astra Motor juga memiliki cabang retail yakni sebanyak 143 diler.

Diler di Jawa tengah memberikan kontribusi penjualan terbesar dibanding lainnya, yakni 10 persen.

"Jawa Tengah berkontribusi 10 persen dari penjualan nasional," timpal Darmawan Tjondrodihardjo, Kepala Wilayah Main Dealer Astra Motor Region Semarang.

Tahun lalu diler Astra Motor Jawa Tengah berhasil membukukan penjualan sebanyak 533 ribu unit. Motor jenis matik merupakan yang terlaris yakni mencapai 70 sampai 80 persen, sisanya jenis bebek dan sport.

"Untuk Jawa Tengah, tahun 2015 ini target kami naik. Tahun lalu 533 ribu, tahun ini diharapkan 600 ribu unit. Memang target kenaikannya agak tinggi karena perekonomian Jawa Tengah lagi bagus. Untuk target market share kami kejar di angka 75 persen. Mudah-mudahan dengan adanya produk baru Honda dan aktivitas yang kami lakukan, bisa tercapai," ungkapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini