Share

Obat Kusta di Indonesia Sudah Diberikan Gratis

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 26 Januari 2015 12:17 WIB
$detail['images_title']
Obat kusta di Indonesia sudah diberikan gratis (Foto: Okezone)

KUSTA tergolong penyakit menular tidak langsung yang bisa disembuhkan. Sayangnya, pasien kusta tidak mematuhi aturan minum obat yang sudah diberikan gratis.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan, penyakit kusta seharusnya sudah tak ada di Indonesia. Pada kenyataannya, kusta masih banyak ditemukan dengan stigma dari masyarakat.

"Seharusnya kusta sudah lenyap dari Indonesia, tetapi ternyata masih ada. Yang saya lihat, kusta ini penyebarannya melalui kontak langsung dan lama, jadi suami istri dan lainnya," ujar Menkes Nila di kantor Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta, Senin (26/1/2015).

Lebih lanjut, kata Menkes Nila, penyakit menular ini beruntungnya masih bisa disembuhkan asalkan pasien rajin minum obat.

"Sebenarnya, jika mereka patuh minum obat, tentu harapan kami anak- anaknya tidak terkena. Dan obatnya sudah dapat gratis lho dari negara," imbuhnya

Menkes Nila menyayangkan para pasien kusta tidak patuh rajin minum obat dengan berbagai alasan. Artinya, masyarakat dianggap kurang sadar akan pentingnya memiliki badan sehat dan terbebas dari penyakit.

"Tapi ada satu hal yang membuat saya berpikir, mungkin kepatuhan dalam meminum obat. Nah, ini ketidaktahuan dalam masyarakat sendiri dari penderita itu. Jadi kalau misalnya mereka sudah terdiagnosis dengan kusta, mereka tidak boleh takut, mereka menyadari bahwa penyakit ini bisa tidak menularkan kepada orang lain dengan patuh dalam minum obat," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yac)