Share

Ibu Penderita Kusta Bisa Berikan ASI, Syaratnya?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 26 Januari 2015 13:04 WIB
$detail['images_title']
Penderita kusta bisa beri ASI (Foto: Boldsky)

PENDERITA kusta dengan kondisi hamil masih bisa dicegah agar tak menularkan kepada sang jabang bayi. Kuncinya, si ibu harus rajin minum obat dan memberi imunisasi kepada si calon bayi.

Menteri Kesehatan RI Prof Nila F Moeloek mengatakan, kusta bisa menular dengan kontak langsung namun dengan jangka panjang. Beruntungnya, penyakit ini masih bisa disembuhkan dengan minum kombinasi beberapa jenis obat penyembuh kusta, seperti rifampisin, DDS dan Lamprene.

"Jika bayinya lahir, ibu bisa memberi ASI kepada bayinya dan ibunya memakan obat-obat kusta itu bisa sembuh," bebernya.

Tapi terkadang, tambah Menkes Nila, orangtua si bayi malas minum obat. Sehingga yang terjadi, kusta di tubuhnya semakin menjalar dan bayinya tertular.

"Kadang-kadang orangtua ini tidak memakan obat, dan bahayanya untuk anak yang kontak terus dengan ibunya bisa ketularan," lanjutnya.

Selain obat, kusta juga dapat dicegah dengan pemberian imunisasi BCG, sesuai jadwalnya. Lalu, bila terjadi kelainan pada kulit yang disertai mati rasa, segeralah pergi ke puskesmas untuk deteksi dini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)