Share

2019, Indonesia Ditargetkan Bebas Kusta

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 26 Januari 2015 15:26 WIB
$detail['images_title']
2019, Indonesia bebas kusta (Foto: Novartis)

HINGGA tahun 2014, Indonesia masih belum sepenuhnya dinyatakan bebas kusta. Tetapi Kementerian Kesehatan RI mempunyai target Indonesia bebas kusta di tahun 2019 mendatang.

Hal ini dikatakan oleh Menteri Kesehatan RI Prof Nila Moeleok. Menurutnya, Indonesia masih menjadi salah satu negara dengan penyakit kusta yang tinggi.

Tahun 2013 Indonesia menduduki peringkat tiga untuk masalah kusta, setelah negara Brasil dan India. Tercatat, ada 16.856 kasus dan jumlah kecacatan tingkat dua, di antara penderita baru sebanyak 9,86 persen.

"Indonesia sudah mengalami kemajuan yang pesat dalam pembangunan di segala bidang, termasuk kesehatan. Namun kusta sebagai penyakit kuno, masih ditemukan dan seringkali terabaikan," ujar Menkes Nila di Kantor Kemenkes RI, Jakarta, Senin (26/1/2015).

Pada kesempatan sama, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, dr. H.M. Subuh, MPPM mengatakan pada tahun 2000, Indonesia sudah mencapai eliminasi tingkat nasional. Namun hingga kini, masih ada 14 provinsi yang memiliki beban tinggi penyakit kusta.

"Tidak ada satu pun provinsi yang bebas kusta. Kasus kusta ada di 34 provinsi masalahnya, kita sudah pernah eliminasi secara nasional tahun 2000, eliminasi itu mengatakan kurang dari satu per 10.000 penduduk," kata Subuh.

Disebutkan provinsi itu adalah Banten, Sulawesi Tengah, Aceh, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat dan Kalimantan Utara.

"Ditargetkan ke-14 provinsi tersebut akan dieliminasi di tahun 2019 dan dinyatakan bebas kusta," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)