Share

Penyebab Suara Anda Seksi Setelah Bangun Tidur

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 27 Januari 2015 09:06 WIB
$detail['images_title']
Penyebab suara seksi bangun tidur (Foto: Dailymail)

ANDA mungkin sering menyadari suara Anda berubah setelah bangun tidur. Suara tiba-tiba menjadi lebih dalam dan serak dari biasanya, dan mungkin terdengar lebih seksi. Ada apa di balik fenomena ini?

Michael Pitman, MD, Direktur Laryngology di The New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, mengatakan bahwa saat bangun, seluruh tubuh kita kaku karena tidak bergerak selama berjam-jam, termasuk pita suara kita.

"Ketika Anda bangun, pita suara Anda perlu pemanasan seperti tubuh Anda. Sebelum pelari keluar, mereka melakukan peregangan dan berjalan pelan agar darah mengalir. Sama halnya dengan suara Anda,” tuturnya, seperti dikutip dari Womenshealthmag, Selasa (27/1/2015).

Menurutnya, efek ini dapat diperburuk jika kita menghabiskan banyak suara pada malam sebelumnya, seperti setelah ikut konser, minum banyak alkohol, atau dehidrasi sebelum tidur. Cara tidur juga bisa mempengaruhi, seperti kebiasaan mendengkur dan lingkungan tidur yang panas.

Pada sedikit kasus, suara ‘seksi’ di pagi hari juga bisa disebabkan asam lambung naik. "Beberapa orang mengalami refluks asam di malam hari, saat tidur. Asam yang muncul dari perut dapat mencerna jaringan Anda bila naik, dan dapat menyebabkan pita suara meradang," tambahnya.

Bahkan jika Anda menyukai suara Anda di pagi hari, suara serak tersebut bisa menjadi tanda pita suara yang tidak sehat. Ini juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok atau penyebab lain yang mungkin menyebabkan masalah kesehatan, kata Pitman.

"Bahkan jika Anda mendapati ini selama lebih dari dua hingga tiga minggu, Anda sebaiknya memeriksakannya ke laryngologist atau dokter telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) khusus masalah suara," kata Pitman.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)