Share

Cara Sederhana Menghentikan Cegukan

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 27 Januari 2015 16:33 WIB
$detail['images_title']
Cara sederhana menghentikan cegukan (Foto: Huffingtonpost)

MESKIPUN hanya berlangsung sementara, cegukan bisa sangat mengganggu. Anda bisa menggunakan cara penyembuhan sederhana agar tak menjadi masalah serius.

"Kebanyakan cegukan tidak berlangsung lebih lama dari beberapa menit, kadang-kadang mereka dapat berlangsung selama beberapa jam. Namun, jika masih ada lebih dari sebulan harus berkonsultasi dengan dokter,” kata dr Sheth, seperti dikutip Timesofindia, Selasa (27/1/2015).

Lanjutnya, jika seseorang mengalami kondisi cegukan lebih dari satu bulan lamanya, bisa menjadi masalah penyakit serius. Seperti sistem saraf pusat, stroke, cedera, penurunan fungsi ginjal, masalah kesehatan mental dan masih banyak lainnya.

Untuk itu, cara menghentikan masalah cegukan dapat mencoba dengan penyembuhan sederhana, seperti menutup hidung lalu menahan napas, berkumur dengan air dan minum air dingin.

“Bisa juga dengan menelan satu sendok gula atau selai kacang dan mengunyah jintan dapat menghentikan cegukan sementara,” tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yac)