Share

Kandungan Karbohidrat Jagung Lebih Baik untuk Diabetesi

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 27 Januari 2015 18:05 WIB
$detail['images_title']
Kandungan karbohidrat jagung lebih baik untuk diabetesi (Foto: Communitytable)

JAGUNG merupakan salah satu makanan sumber karbohidrat yang memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan. Namun, jagung terbukti lebih sehat daripada nasi dalam hal pemenuhan nutrisi.

Jagung dapat Anda konsumsi untuk menghindari efek negatif dari makanan berkarbohidrat tinggi yang dapat menaikkan tingkat gula darah. Kandungan vitamin A dan B6, zat besi, folat, magnesium, fosfor, dan mineral lainnya, penting untuk pemenuhan nutrisi.

Diabetes terjadi apabila penyerapan gula darah ke tubuh terganggu. Diagnosis diabetes dapat diketahui saat kadar gula dalam darah berkisar di atas 200mg/dL. Bila karbohidrat atau makanan bersumber gula dikonsumsi terlalu tinggi, ini tentu akan memperparah kondisi diabetes Anda.

Karbohidrat bagaimana pun tetap diperlukan oleh tubuh. Namun, saat kadar gula terlalu tinggi dalam darah, yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi masukannya. Di sinilah peran jagung sebagai pengganti nasi yang diketahui memiliki kadar karbohidrat tinggi.

Seperti dilansir dari Livestrong, Selasa (27/1/2015), konsumsi jagung juga perlu dibatasi dalam setiap porsi makan. Anda bisa menambahkan makanan bersumber lemak dan protein juga seperti saat memakan nasi. Kelebihan dari jagung adalah manfaatnya yang kaya serat dan nutrisi lebih yang terkandung di dalam jagung.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yac)