Share

Gejala Seseorang Terkontaminasi Bakteri Listeria

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 27 Januari 2015 19:12 WIB
$detail['images_title']
Gejala-gejala umum penyakit listeria (Foto: Shutterstock)

SAAT ini masyarakat sedang dihebohkan isu penyakit listeriosis akibat keracunan produk camilan karamel apel asal Amerika Serikat. Penyakit itu ditandai dengan gejala-gejala yang umum mudah dikenali.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, Prof Tjandra Yoga Aditama SpP (K), MARS, DTM&H, DTCE mengatakan, penyakit listeriosis disebabkan oleh bakteri listeria monocytogenesis.

Seseorang yang rentan mengalami penyakit itu adalah wanita hamil, lansia di atas 65 tahun, seseorang yang memiliki kekebalan tubuh rendah dan bayi baru lahir. Lalu, empat gejala yang umum terjadi akibat seseorang terkontaminasi bakteri itu. Apa saja?

“Gangguan pada wanita hamil dapat menimbulkan gejala seperti flu, keguguran bahkan bisa mengarah pada kematian,” ujar Prof Tjandra lewat pesan singkat yang diterima Okezone, Selasa (27/1/2015).

Lebih lanjut, kata dia, seseorang juga dapat mengalami gangguan saraf seperti kelumpuhan, meningitis, abses otak, dengan keluhan kaku kuduk, demam dan kejang. Sementara, pada bayi baru lahir yang terkontaminasi bakteri listeria rentan mengalami sepsis atau meningitis.

“Terakhir juga bisa terjadi gangguan saluran cerna, muntah, diare, demam dan lain sebagainya,” tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)