Share

Indonesia Dinyatakan Bebas dari Bakteri Apel Listeria

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 27 Januari 2015 20:30 WIB
$detail['images_title']
Indonesia bebas penyakit listeria (Foto: Foxnews)

ISU penyakit listeria akibat keracunan camilan karamel apel asal Amerika Serikat menghebohkan masyarakat. Tetapi sejauh ini, Kementerian Kesehatan RI menegaskan Indonesia bebas dari penyakit tersebut.

Diketahui, penyakit listeria disebabkan oleh bakteri listeria monocytogenesis. Sejak akhir 2014 lalu, kasus penyakit ini menghantui warga Amerika Serikat, hingga menimbulkan korban jiwa.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr. H. M. Subuh, MPPM mengatakan sampai dengan saat ini belum ada laporan kejadian luar biasa (KLB) berupa keracunan pangan akibat mengonsumsi buah apel impor.

Tetapi, Kemenkes RI memberikan beberapa langkah pencegahan atas penyakit itu. Terutama dalam perilaku konsumsi masyarakat, agar terhindar dari infeksi bakteri listeria, antara lain.

- Bilas bahan mentah seperti buah dan sayuran sebelum dimakan, dipotong atau dimasak dengan air mengalir. Bahkan, jika hasil tersebut sudah dikupas, tetap harus dicuci lebih dulu.

- Menggosok produk hasil pertanian, seperti melon dan timun, dengan menggunakan sikat bersih sebelum disimpan dan keringkan dnegan kain bersih.

- Pisahkan daging mentah dan unggas dari sayuran, makanan matang, dan makanan siap saji.

- Cuci peralatan masak, berupa alat atau alas pemotong yang telah digunakan oleh daging mentah, unggas, produk hewani sebelum digunakan pada produk lain.

- Cuci tangan menggunakan sabun sebelum mengolah makanan, dan saat akan makan.

“Pencegahan secara total mungkin tidak dapat dilakukan. Namun makanan yang dimasak, dipanaskan dan disimpan dengan benar umumnya aman dikonsumsi karena bakteri ini akan mati pada temperatur 75°Celcius,” ujar dr Subuh seperti dalam rilis yang diterima Okezone, Selasa (27/1/2015).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)