Share

Kemenkes Siapkan Laboratorium Uji Pangan Bakteri Listeria

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 27 Januari 2015 21:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KEMENTERIAN Kesehatan RI mengklaim tanggap terhadap pencegahan penyakit listeria. Banyak upaya yang telah disiapkan, salah satunya yaitu pengendalian keamanan pangan.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr. H. M. Subuh, MPPM mengatakan, pihaknya melakukan pencegahan dengan upaya penyusunan dan penguatan terhadap kriteria kemanan pangan dan jaminan mutu terhadap konsumen atas pangan siap saji.

“Kami sudah menyusun dan menguatkan terhadap pengaturan norma, standar, pedoman dan kriteria terhadap implementasi keamanan pangan melalui pengelolaan hygiene sanitasi pangan (HSP) siap saji yang terstandar, serta uji jaminan mutu terhadap konsumen,” ujar dr Subuh seperti dalam rilis yang diterima Okezone, Selasa (26/1/2015).

Lebih lanjut, dr Subuh menambahkan, saat ini Kemenkes RI berusaha mensosialisasikan penyakit listeria kepada masyarakat lewat petugas tenaga medis serta pemerintahan daerah. Di samping itu, sudah disiapkan laboratorium, tepatnya Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit untuk uji lebih lanjut.

“Peningkatan performance pertugas kabupaten/kota dalam melaksanakan analisis cepat kualitas pangan siap saji melalui penyediaan alat deteksi cepat pemeriksaan kualitas pangan siap saji. Begitu juga dengan dukungan pemeriksaan laboratorium sampel pangan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit yang terdapat di 10 kota di Indonesia,” tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)