Share
Advertisement

Layaknya Saturnus, Planet Ini Diselubungi Cincin Raksasa

Lanjar Wiratri , Jurnalis-Selasa 27 Januari 2015 19:00 WIB
Layaknya Saturnus, Planet Ini Dikelilingi Cincin Raksasa
Layaknya Saturnus, Planet Ini Dikelilingi Cincin Raksasa
A
A
A

LONDON – Satelit luar angkasa berhasil mengambil gambar sebuah planet berwarna cokelat yang berukuran 40 kali lebih besar dari planet Jupiter. Planet tersebut diklaim memiliki lapisan cincin di luar tata surya dengan ukuran 200 kali lebih besar dari milik planet Saturnus.

Planet yang dilindungi cincin tersebut diberi nama J1407b. Jumlah cincin yang mengelilingi J1407b berjumlah sekira 30 buah, dengan diameter masing-masing cincin mencapai 10 km.

Astronom dari Observatorium Universitas Leiden, Belanda menemukan celah di dalam dalam cincin. Diduga, telah terbentuk satelit bernama ("exomoons") telah terbentuk di wilayah tersebut. Bahkan salah satu celah membentuk satelit dengan ukuran yang hampir sama dengan bumi.

"Rincian yang kita lihat dalam kurva cahaya luar biasa. Gerhana berlangsung selama beberapa minggu, tetapi kita dapat melihat perubahan yang cepat pada skala waktu puluhan menit sebagai akibat dari struktur halus di cincin," ujar ilmuan dari Universitas Leiden, Matthew Kenworthy.

Meski begitu, cincin yang menyelubungi planet tersebut diperkirakan akan makin menipis dari waktu ke waktu. Para astronom pun akan terus memantau J1407b dalam rangka menentukan periode dan massa dari cincin raksasa yang menyelubungi bintang tersebut. Demikian seperti dilansir laman IBTimes, Selasa (27/1/2015).

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement