Share

Resep Mudah Bikin Saus Tomat Sendiri

Santi Andriani, Okezone · Jum'at 30 Januari 2015 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 29 298 1099059 resep-mudah-bikin-saus-tomat-sendiri-Q3j91LaOJB.jpg Cara mudah bikin saus di rumah (Foto:Chimili)
A A A

DARIPADA khawatir akan kualitas saus sambal dan saus tomat yang ada di pasaran, lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Metodenya pun tidak terlalu susah.

Menyusul penggerebakan terhadap pabrik pembuatan saus berbahan kimia berbahaya di Bandung beberapa waktu lalu, ada kekhawatiran bagaimana kualitas saus yang banyak beredar di pasaran saat ini.

Chef Mutofik Sultoni atau lebih dikenal dengan Chef Muto menyarankan, sebaiknya membuat sendiri saus sambal atau saus tomat di rumah. Untuk penyimpanan, Chef Muto menyarankan sebaiknya menggunakan wadah dengan tutup yang erat dan simpan dalam kulkas.

"Pastikan di bibir wadah tidak ada ceceran saus agar tidak membuat cepat berjamur," kata Chef Muto kepada Okezone melalui sambungan telefon, baru-baru ini.

Chef Muto memberikan resep mudah dalam membaut saus tomat. Ikuti resepnya.

Bahan-bahan:

500 gram tomat, cuci bersih dan sayat-sayat

150 gram bawang putih, blender sampai halus

1/2 sendok teh garam

Secukupnya tepung jagung untuk pengental, beri air hingga kental

Cara membuat:

1. Rebus tomat dengan api sedang hingga kulitnya mengelupas. Setelah rata mengelupas, angkat dan kuliti.

2. Setelah itu blender tomat sampai halus sekali, tidak usah diberi air.

3. Rebus kembali tomat dengan api kecil, masukkan bahan-bahan seperti bawang putih yang sudah diblender halus dan garam, aduk-aduk hingga rata.

4.Terakhir masukkan pengental perlahan-lahan sambil terus diaduk. Pastikan api tetap kecil, hingga mendidih, angkat dan dinginkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini