Share

Kelebihan Tata Kota Boston & Singapura

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Kamis 29 Januari 2015 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 29 470 1098832 kelebihan-hidup-di-boston-singapura-tqej00sDLa.jpg (Ilustrasi : Dormroomfund)
A A A

JAKARTA - Penataan kota yang tepat bisa menjadikan warga di dalamnya hidup aman dan nyaman. Salah satunya dengan menggunakan konsep smart cities.

Public Sector Director PwC Consulting Indonesia Malcolm Foo, contoh kota-kota di dunia yang telah menerapkan konsep smart cities ini adalah kota Boston di Amerika Serikat. Sang Wali Kota Boston menciptakan tata kota yang dilengkapi sebuah alat yang dapat mendeteksi arah datangnya bom.

"Di Boston dirancang teknologi yang bisa mengetahui asal suara ledakan bom. Fokusnya adalah keselamatan para penduduk," kata dia, di Jakarta.

Lain di Boston, lain lagi di Singapura. Pemerintah kota Singapura sangat peduli dengan keamanan dan keselamatan para lansia. Setiap lansia di Singapura dibagikan sebuah kartu.

"Kartu ini bisa mengakses apapun. Mulai dari MRT, bus, dan bahkan untuk menyebrang lansia bisa menempelkan kartu tersebut pada alat traffic light. Dengan begitu lansia mendapatkan durasi waktu menyeberang lebih lama dibanding masyarakat lainnya," tutup dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini