Share

Karang Gigi Bisa Sebabkan Gigi Tanggal

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 29 Januari 2015 19:52 WIB
$detail['images_title']
Karang gigi bisa sebabkan gigi tanggal (Foto: Dentalstudio101)

JANGAN pernah menyepelekan jika sudah tumbuh karang gigi. Jika tidak rajin membersihkannya, akan mengakibatkan gigi tanggal dengan sendirinya.

Dikatakan Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Prof Dr drg Melanie Sadono Djamil, MBiomed, kebersihan rongga mulut menjadi salah satu aset kita untuk menjauhkan diri dari penyakit. Karang gigi juga memengaruhi kebersihan tersebut.

“Kalau sampai enggak mau bersihkan karang gigi efek sampingnya fatal, gigi kita bisa copot sendiri. Karena karang gigi itu bisa melepas jaringan ikatan yang ada di mulut kita,” ucap drg Melanie saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Awalnya, karang gigi masuk ke dalam leher gigi. Dan apabila terus-menerus dibiarkan, karang gigi bisa membuka rahang akar dan jaringan ikatan lepas, gigi Anda goyang sampai akhirnya tanggal tanpa merasakan sakit. Tapi justru hal ini berbahaya bagi kesehatan mulut, karena gigi kita tidak bisa ditambal kalau sudah terlanjur tanggal.

“Kalau gigi kita lubang masih bisa ditambal. Tapi kalau gigi kita tanggal karena karang gigi, sudah enggak bisa diganti soalnya tulang gigi sudah hilang. Jadi lebih bahaya karang gigi dibanding karies gigi,” tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yac)